Soal Mahar Rp 100 Juta di Muskab Kadin Bone, Begini Tanggapan Andi Rukman – Bonepos.com – Informasi Berita Terkini Sulsel Best Automated Bot Traffic

Soal Mahar Rp 100 Juta di Muskab Kadin Bone, Begini Tanggapan Andi Rukman

  • Bagikan
Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Indonesia, Andi Rukman Nurdin Karumpa (BONEPOS.COM - IST)

BONEPOS.COM, BONE – Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Indonesia, Andi Rukman Nurdin Karumpa angkat bicara perihal adanya mahar Rp 100 juta untuk Muskab Kadin Bone.

Menurut Rukman, perihal adanya mahar untuk maju sebagai Ketua Kadin, memang tidak diatur dalam anggaran dasar Kadin. Namun ada juga daerah yang mengatur dalam petunjuk organisasi atau (PO).

“Contoh Kadin Indonesia ini mendaftar Rp 2 miliar, baru maju Ketua Umum, kemarin Kadin Papua itu 500 juta itu provinsi. Kalau daerah monggo-monggo aja,” ungkap Rukman, Rabu malam (9/6/2021).

Adapun tujuan adanya “mahar” dalam Musda itu, lanjut Rukman adalah agar Ketua Kadin yang terpilih nantinya punya kemampuan dalam sistem manajerial. Punya kemampuan dalam segi finansial dalam rangka menjalankan roda organisasi.

Baca Juga  Cihuy, DPRD Bone Bahas APBD 2021 di Bali

“Tapi tidak juga menutup akses, menutup pintu daripada saudara-saudara kita lainnya yang memenuhi syarat. Syarat utama itu mempunyai KTA luar biasa dan dipengurusan tiga tahun berturut-turut,” jelas Dewan Kehormatan Hipmi itu.

Perlu dipahami lanjut Rukman, urusan finansial perlu diperhatikan, jika tidak ada dana, mustahil Muskab bisa berjalan, karena hotel tempat pelaksanaan acara tentunya harus dibayar.

“Kalau melihat penegasan Kadin Sulsel tidak memungut mahar, itu harus ditaati. Tapi jika ada calon yang mau menyumbang silahkan, jangan ditolak. Namun nyumbangnya jangan bunyi, Apalagi jangan memamerkan,” ungkap Sekjen BPP Gapensi itu.

Baca Juga  Anggota DPRD Bone Ini Sarankan Pemilihan Ketua Kadin Aklamasi Saja

Seperti diberitakan sebelumnya, Plt Ketua Kadin Bone, Andi Imran Mappasonda yang dikonfirmasi, membenarkan adanya persyaratan bagi setiap calon ketua Kadin Bone untuk menyetorkan uang Rp100 juta.

“Sebagai persyaratan. Panitia muskab masukkan sebagai syarat pendaftaran bakal calon ketua umum untuk biaya pelaksanaan kegiatan,” kata Imran dikonfirmasi Boneposcom via WhatsApp, Selasa (8/6/2021) malam.

Lanjut Imran, masih ada tahapan ke depan, yaitu verifikasi berkas calon menuju penetapan calon ketua umum. Sementara berproses.

Untuk pelaksanaan Musdakab Kadin Bone, kata Imran, pihak panitia masih menanti jadwal resmi. “Menunggu jadwal Bapak Bupati Bone dan Ketua Kadin Sulsel,” akunya. (*)

  • Bagikan