Kemenkes Evaluasi Pemberian Obat Pencegahan Massal di Soppeng – Bonepos.com – Informasi Berita Terkini Sulsel Best Automated Bot Traffic

Kemenkes Evaluasi Pemberian Obat Pencegahan Massal di Soppeng

  • Bagikan

BONEPOS.COM, SOPPENG – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama Diskes Provinsi Sulawesi selatan, BBLK Makassar, Litbangkes, Diskes Soppeng dan Labkesda Soppeng menggelar kegiatan survei penilaian prevalensi cacingan pasca pemberian obat pencegahan massal (POPM) kecacingan di Labkesda Kabupaten Soppeng, Kamis (10/6/2021),

Dr.Lusy Luviana dari Subdit Filariasis dan Kecacingan Dirjen P2PTVZ Kemenkes RI mengatakan, pemberian obat pencegahan massal (POPM) kecacingan secara massal kepada anak telah dilakukan, obat cacing tersebut di berikan pada anak sekali setahun selama 6 tahun berturut- turut, maka saat ini Kemenkes kembali mengukur keberhasilan program ini.

“Kami sangat bersyukur karena kehadiran labkesda sehingga termanfaatkan. Sarana yang ada di labkesda untuk Covid dimanfaatkan juga untuk pemeriksaan lab yang lain,” ujarnya.

Baca Juga  Catat, Ini Gambaran Atensi Evaluasi Satgas Covid-19 Soppeng

Makkaraus,SKM,M.Kes merupakan Staff Bidang P2 Diskes Provinsi Sulsel pada kesempatan tersebut mengatakan kegiatan ini adalah evaluasi hasil pemberian obat cacing, yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2015 di Kabupaten Soppeng.

Hasil evaluasi ini diharapkan di bawah 10 persen prevelensi cacingan, jika ini berhasil artinya Soppeng sudah bisa menurunkan prevelensi cacingan.

Untuk pengobatannya yaitu anak yang berumur 1 Tahun sampai anak SD, atau yang rata- rata 12 tahun Secara keseluruhan, obatnya langsung dari kementerian kesehatan yang kita drop ke setiap Kabupaten, dengan adanya labkesda ini sangat memudahkan melakukan survei. (*)

Baca Juga  Pangdam Hasanuddin Injak Bumi Latemmamala Soppeng, Begini Kesannya
  • Bagikan