Pacu Optimalisasi Dana Desa, Kawal Pemanfaatannya – Laman 2 – Bonepos.com Best Automated Bot Traffic

Pacu Optimalisasi Dana Desa, Kawal Pemanfaatannya

  • Bagikan

Adapun pengembangan sektor prioritas berupa pengembangan Desa Digital, Desa Wisata, usaha budi daya pertanian, peternakan, perikanan, ketahanan pangan dan hewani, dan perbaikan fasilitas kesehatan. Selain itu, penggunaan DD juga berpedoman pada Permendes PDTT Nomor 13 Tahun 2020 mengenai prioritas penggunaan DD Tahun 2021 untuk pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Untuk keperluan ini, tentunya setiap Pemerintah Desa telah melakukan musyawarah sebelum diputuskan dalam APBDes.

Baca Juga  OPINI: Memahami Teror Bom Bunuh Diri

Tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah Desa dalam memanfaatkan DD agar tepat sasaran, tepat jumlah dan tepat waktu dalam setiap belanja yang dilakukan. Pengawasan oleh Badan Permuswaratan Desa (BPD) secara periodik maupun oleh masyarakat secara langsung, dapat meminimalisir adanya penyalahgunaan wewenang untuk kepentingan pribadi maupun kelompok yang dapat berakibat pada hukum.

Hal yang paling penting, harus dihindari adanya niat tidak baik dalam tata kelola DD, yang dapat menjadi pintu masuk adanya tindak pidana korupsi. Selain itu, keberadaan tenaga Pendamping Lokal Desa (PLD) juga diharapkan dapat menjadi mitra Desa dan membantu Desa dalam tata kelola DD secara transparan, akurat dan akuntabel, serta melakukan berbagai inovasi agar dapat naik kelas menjadi desa maju atau mandiri.

Temukan Kami:
  • Bagikan