Ketua DPD RI Minta Kalbar Tak Bergantung Listrik Pada Malaysia – Bonepos.com Best Automated Bot Traffic

Ketua DPD RI Minta Kalbar Tak Bergantung Listrik Pada Malaysia

  • Bagikan
FOTO : Ketua DPD RI ditemani sejumlah Senator dan Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan saat berkunjung ke Istana Kadriah Kesultanan Pontianak, Minggu (13/6/2021)

BONEPOS.COM, JAKARTA – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mendorong Kalimantan Barat mempunyai kemandirian dan ketahanan energi. Menurutnya, Kalbar tidak boleh lagi bergantung pasokan listrik dari Malaysia.

Hal ini disampaikan LaNyalla menanggapi ucapan Gubernur Kalbar, Sutarmidji, yang mengatakan jika periode Agustus 2020 Kalbar masih bergantung pada Sesco Malaysia untuk memenuhi kebutuhan listrik sebesar 714,78 MW. Beban puncak kebutuhan listrik di Kalbar adalah 509,52 MW.

Menurut LaNyalla, sebagai negara besar dengan sumber daya alam melimpah, Indonesia harusnya malu jika ketergantungan energi kepada negara tetangga.

Baca Juga  BI Tebar Pesan Cinta Rupiah di Bone, Bupati Fahsar Tersanjung

“Kita harus terus berusaha membangun pembangkit-pembangkit listrik di Kalimantan Barat. Potensinya sangat besar mengingat kita kaya sumber energi. Intinya, nggak boleh lagi beli listrik dari Malaysia. Malu kita sebagai negara besar tetapi energi saja harus dipasok oleh negara lain,” tegas LaNyalla yang baru saja melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Barat.

Baca Juga  Rektor Pertama Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie Dilantik, Ini Sosoknya

Oleh karena itu, Senator asal Jawa Timur itu menyambut baik beroperasinya pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Kalbar-1 unit 2 milik swasta yang berlokasi di Bengkayang, Kalimantan Barat. Pengoperasian PLTU itu dapat menurunkan volume pembelian listrik dari Sesco Malaysia hingga 48 persen.

Temukan Kami:
  • Bagikan