Tuah NA di Seko Lutra; Akses Transportasi Terbuka, Ekonomi Menggeliat – Bonepos.com Best Automated Bot Traffic

Tuah NA di Seko Lutra; Akses Transportasi Terbuka, Ekonomi Menggeliat

  • Bagikan

BONEPOS.COM, LUWU UTARA – Harapan masyarakat di Kecamatan Seko, Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk semakin sejahtera mulai terwujud. Puluhan tahun hidup di jorong terisolir, kini sebagian ruas jalan poros Sabbang-Seko sudah mulus teraspal. Kondisi demikian tidak lepas dari peran penting Gubernur Sulsel nonaktif Nurdin Abdullah (NA).

Dari Tugu Durian Kecamatan Sabbang, penulis menempuh perjalanan selama kurang lebih 1 jam 30 menit ke lereng perbukitan menyusuri jalanan beraspal. Jalanan menanjak ke atas, sisi kiri tampak Sungai Rongkong yang mengalir deras dan di sisi kanannya hutan tropis dengan tebing yang terjal.

Memasuki Kecamatan Rongkong, kondisi jalanan sudah tidak beraspal dan kian berkelok. Sejumlah alat berat juga tampak melakukan pengerasan jalan.

Baca Juga  Miris, Jalan Penghubung Empat Desa Tergenang Lumpur

Dari pantauan penulis beberapa waktu lalu, pengaspalan jalan sudah sampai pada wilayah perbatasan antara Rongkong dengan Seko. Pembangunan infrastruktur tersebut memang mendapat perhatian pemerintah dalam beberapa tahun terakhir, khususnya sejak Gubernur Sulsel nonaktif, Prof HM Nurdin Abdullah menjabat.

“Kami sangat senang, khususnya masyarakat di Kecamatan Seko itu sangat senang dengan adanya pembangunan jalan ini. Pak Gubernur-lah (Nurdin Abdullah) satu-satunya yang memberikan akses jalan di sini,” ucap Ibu Nurbaeti yang merupakan warga Kota Masamba yang rutin ke wilayah perbatasan Rongkong-Seko membeli hasil pertanian untuk kemudian dijual.

Baca Juga  Dibagi Gratis, Begini Penampakan Kaca Mata Baca ala Bupati Indah

Sebelum jalur terbuka seperti saat ini, kondisi jalanannya berbatu, berlumpur, dan berkubang. Hanya kendaraan roda dua yang telah dimodifikasilah yang bisa melalui jalur tersebut.

Temukan Kami:
  • Bagikan