Jangan Panik! Begini Kata BMKG Soal Matahari Terbit dari Utara di Jeneponto – Laman 2 – Bonepos.com mgid.com, 535943, DIRECT, d4c29acad76ce94f

Jangan Panik! Begini Kata BMKG Soal Matahari Terbit dari Utara di Jeneponto

  • Bagikan
Foto: Plang Kantor BMKG Wilayah IV Sulsel. (SYAHRUL/BONEPOS.COM)

“Terjadi suatu keanehan, karena sebelumya saya belum pernah melihat dimana yang jadi kebiasaan terbit di sebelah timur. Tapi, sekarang baru menjelang jam 08.00 Wita, ternyata matahari berada pada posisi utara, tidak biasanya terjadi seperti itu,” kata dia melanjutkan penjelasannya.

Dirinya bersama rekan sejawatnya yang juga berprofesi guru menurutnya matahari yang terbit dari utara ini adalah fenomena yang aneh.

“Sekali lagi ini saya ingin menyampaikan sesuatu yang menurut saya aneh karena tidak pernah kami menyaksikan sebelumnya, bahwa matahari terbit dari yang seperti biasanya,” tukasnya sembari terus mengabadikan momen tersebut.

Baca Juga  Bukit Baruga Serah Terima Kunci, Banyak Hadiah untuk Pembelian Selama September

Penjelasan BMKG Sulsel

Terkait dengan video fenomena alam yang memperlihatkan matahari terbit dari Utara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Gofisika wilayah IV Sulawesi Selatan, angkat bicara.

Melalui, Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah IV – Makassar, Hanafi Hamzah menjelaskan bahwa kejadian itu adalah hal yang wajar.

“Terkait fenomena seakan akan matahari terbit dari arah Utara itu mungkin kesalahan parallaks atau salah pandang,” ucapnya dikonfirmasi Bonepos.com, Kamis (17/6/2021).

Baca Juga  Menanti Kinerja Pengurus Badan Promosi Pariwisata Sulsel

Sebagai referensi, Paralaks sering didefinisikan sebagai “pergerakan yang tampak” dari sebuah objek terhadap latar belakang yang jauh akibat pergeseran perspektif.

Dengan peristiwa ini, pihaknya mengaku, bahwa di wilayah Kota Makassar, matahari terlihat dengan normal terbit dari Timur.

Fenomen ini juga berpatokan dengan garis edar matahari pada periode Juni yang juga saat ini ada di Belahan Bumi Utara (BBU) dari garis Khatulistiwa.

Temukan Kami:
  • Bagikan