Peran Vital BLT Desa, Sebagai Jaring Pengaman Sosial – Bonepos.com Best Automated Bot Traffic

Peran Vital BLT Desa, Sebagai Jaring Pengaman Sosial

  • Bagikan

BONEPOS.COM, BONE – Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) digulirkan Pemerintah dalam rangka memperluas program Jaring Pengaman Sosial (JPS) bagi masyarakat guna menanggulangi dampak adanya pandemi Covid-19 yang sampai dengan saat ini belum berakhir.

Dana Desa yang sebelumnya diperuntukkan guna mendanai program padat karya dan pembangunan infrastruktur di pedesaan, pada tahun 2021 dikonversikan untuk jaring pengaman sosial di tingkat desa.

Pada tahun 2021 ini, BLT Desa diberikan sebesar Rp300 ribu per Keluarga Penerima Manfaat (KPM) selama 12 bulan yang disalurkan setiap bulan oleh Pemerintah Desa sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor: 222/PMK.07/2020 tentang Pengelolaan Dana Desa.

Baca Juga  Hari Jadi Bone ke-690, Refleksi Untuk Kemandirin

Untuk penyaluran BLT Desa Januari 2021, Pemerintah Desa wajib menyampaikan jumlah KPM sebagai dasar pembayaran BLT selama 12 bulan. Sedangkan penyaluran bulan berikutnya dapat disalurkan setelah Pemerintah Desa membuat laporan realisasi penyaluran BLT kepada DPMD untuk selanjutnya diunggah di aplikasi Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OM SPAN) sebagai media tata kelola penyaluran Dana Desa.

Temukan Kami:
  • Bagikan