BONEPOS.COM, BONE – Mahasiswa KKN Tematik Gelombang 106 Unhas wilayah Bone 7 Kecamatan Tonra, Kabupaten Bone sukses melaksanakan kegiatan Dialog Peternak.

Dialog yang mengangkat tema “Efisiensi Usaha Peternakan Sapi Potong” tersebut digelar di Desa Muara, Tonra melalui platform zoom meeting, Rabu, (14/7/2021).

Dialog tersebut menghadirkan 2 pemateri yakni Dr. Ir. Zulkharnaim, Ketua Program Studi D-IV Teknologi Produksi Ternak Fakultas Peternakan Unhas dan Abrahan, penyuluh Pertanian Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Bone.

Koordinator KKN Wilayah Bone 7 Unhas, Khoirul Fadhlam berterima kasih dan memberikan apreasiasi kepada semua pihak yang telah berpartisaipasi dalam acara tersebut.

“Inilah peran kami sebagai mahasiswa. Bagaimana meramu sebuah forum diskusi yang melibatkan masyarakat pelaku usaha, akademisi, dan pemerintah terkait,” Tutur Khoirul.

Dia mengungkapkan, bahwa dengan berdialog, akan menghadirkan
sinergi dan menghasilkan strategi ataupun kebijakan tertentu agar tidak tertinggal oleh wilayah lain.

“Dengan adanya sinergitas dan strategi, maka perilaku sistem dalam usaha ternak sapi potong di Bone dapat berubah secara signifikan,” ungkapnya.

Khoirul berharap, hasil dari dialog tersebut akan menjadi bahan untuk dibahas lebih lanjut pada Musrenbang Desa. Karena jika pelaku usaha tersebut diberdayakan, Ia yakin peternakan sudah menjadi mata pencaharian prioritas bagi masyarakat. (*)