Waspada Bahaya! Mamasa Diguncang Gempa, Sulbar Masuk Kategori Tinggi – Bonepos.com Best Automated Bot Traffic

Waspada Bahaya! Mamasa Diguncang Gempa, Sulbar Masuk Kategori Tinggi

  • Bagikan

BONEPOS.COM, JAKARTA – Gempa Bumi dengan Magnitudo M(5,3) mengguncang Sulawesi pada Kamis (22/7) pukul 00.44 WIB dini hari. Pusat gempa berada di darat 12 km Tenggara Kabupaten Mamasa dengan kedalaman 10 kilometer.

Menurut laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mamasa, guncangan dirasakan kuat namun tidak menimbulkan kepanikan warga. Hingga berita ini dirilis, belum ada laporan kerusakan akibat gempa tersebut.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga  Team Expedition Sinjai Galang Dana Untuk Korban Gempa Sulbar

Melihat kekuatan gempa pada skala MMI atau Mercalli Modified Intensity, gempa menyebabkan III – IV MMI di Kabupaten Mamasa, Kaluku, Majene, dan Mamuju sedangkan II – III MMI di Majeng. Skala III MMI mendeskripsikan getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Semakin tinggi MMI, semakin kuat guncangan dan dampak yang mungkin tejradi.

Baca Juga  [Update] Terus Bertambah, Korban Meninggal Akibat Gempa di Sulbar Capai 73 Orang

Sejak 5 Juli hingga 21 Juli 2021, BMKG mencatat gempa swarm telah terjadi sebanyak 49 kali di wilayah Mamasa. Gempa swarm sendiri merupakan serangkaian aktivitas gempa bermagnitudo kecil dengan frekuensi kejadian yang sangat sering dan relatif lama di suatu kawasan.

Temukan Kami:
  • Bagikan