Kenali Ritual Apparasili, Tradisi Turun Temurun Warga Pamatata Selayar – Bonepos.com Best Automated Bot Traffic

Kenali Ritual Apparasili, Tradisi Turun Temurun Warga Pamatata Selayar

  • Bagikan

BONEPOS.COM, SELAYAR – Keragaman suku, adat-istiadat, tradisi, dan transformasi budaya menjadi magnet berdaya pikat luar biasa yang menarik untuk disusuri dan diikuti, saat langkah kaki, berkesempatan menapak di kota Bumi Tanadoang–sebutan Kabupaten Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Kota berhias hamparan pasir putih serta garis pantai yang membentang dan memanjang dari arah utara Pelabuhan Ferry Pamatata sampai ke penghujung selatan Desa Appa tanah, di Kecamatan Bontosikuyu.

Pesona gugusan hijau pulau kosong tak berpenghuni dengan daya dukung panorama alam pohon kelapa yang tumbuh rapi dan berderet di sepanjang bibir pantai Pelabuhan Pamatata, Kecamatan Bontomatene merupakan suguhan pemandangan awal yang akan dinikmati oleh setiap pasang mata, saat berlayar dari kota Bulukumba, menuju kota penghasil jeruk manis di selatan Provinsi Sulsel.

Baca Juga  Wabup Selayar Resmikan Gerakan Warga Sekolah Mengaji Mewujudkan Pintar Ngaji dan Rajin Salat

Tak hanya keindahan pantai dan panorama alam laut.

Akan tetapi, pengunjung juga ditantang untuk menyusuri lebih dalam keragaman tradisi, budaya, bahasa, dan adat istiadat masyarakat Desa Pamatata.

Alla’bai dan atau Apparasili, merupakan sebutan untuk tradisi turun temurun yang sampai detik ini masih terus dipupuk, dipelihara, dan dilestarikan dari generasi ke generasi oleh masyarakat Desa Pamatata.

Temukan Kami:
  • Bagikan