Taliban Kuasai Afghanistan, Apa Tujuannya? – Bonepos.com Best Automated Bot Traffic

Taliban Kuasai Afghanistan, Apa Tujuannya?

  • Bagikan

BONEPOS.COM –Taliban kini berhasil menguasai ibu kota Kabul, hingga pemerintahan Presiden Ashraf Ghani dan jajarannya angkat kaki.

Di bawah kekuasaannya, Taliban berjanji untuk tidak melakukan balas dendam terhadap lawan-lawan mereka di Afghanistan. Pihaknya juga berjanji akan membangun rezim yang ‘berbeda’ dari masa kepemimpinan Taliban pada 1996-2001, yang terkenal dengan kematian rajam dan melarang perempuan bekerja dengan laki-laki.

Siapakah Taliban?

Sebelum mengetahui tujuan Taliban menguasai Afghanistan, ada baiknya mengenal soal siapa Taliban. Seperti dilansir ABC News, Kamis (19/8/2021), Taliban atau yang diartikan sebagai “mahasiswa” dalam bahasa Indonesia diyakini merupakan kelompok ekstremis Islam di Afghanistan.

Baca Juga  Pendiri Merek Sepatu Vans Meninggal Dunia

Taliban disebut ingin menerapkan interpretasi ketat terhadap hukum agama di Afghanistan. Kelompok ini berawal dari pejuang Mujahidin yang didukung Amerika Serikat, gerilyawan Islam fundamentalis, yang memerangi Uni Soviet di Afghanistan pada 1970-an dan 1980-an.

Taliban mulai melakukan perebutan wilayah di Afghanistan pada 1990-an. Pada 1996, Taliban berhasil menguasai Kabul dan sejak saat itu menguasai Afghanistan dan melakukan berbagai tindakan brutal membantai lawan-lawannya, bersekutu dengan kelompok teroris, menindas hak-hak perempuan, menerapkan hukuman kejam, termasuk menghancurkan situs kuno.

Baca Juga  Jepang Diguncang Gempa 7.1 SR Ratusan Rumah Rusak

Setelah serangan 11 September 2001 di Amerika Serikat, koalisi negara-negara barat melakukan invasi untuk menggulingkan rezim Taliban. Namun Taliban masih bertahan dengan mengendalikan daerah pedalaman dan meraih dukungan dari penduduk setempat, terutama dari etnis Pashtun di selatan dan timur negara itu.

Pasca negara-negara Barat memutuskan menarik pasukan mereka dari Afghanistan beberapa bulan terakhir, Taliban mulai kembali melancarkan serangannya hingga kini berhasil menguasai Kabul kembali.

Temukan Kami:
  • Bagikan