Tanah Bumbu Kembali Terendam Banjir, Berikut Dampaknya – Laman 3 – Bonepos.com mgid.com, 535943, DIRECT, d4c29acad76ce94f

Tanah Bumbu Kembali Terendam Banjir, Berikut Dampaknya

  • Bagikan

Waspada peringatan dini juga sudah dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahwa potensi dampak hujan lebat masih dapat terjadi di wilayah Kalimantan Selatan dengan status waspada, peringatan dini ini berlaku hingga hari ini (21/8/2021). Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan siaga terhadap potensi hujan dengan intensitas lebat di beberapa wilayah di Indonesia.

*BPBD Kabupaten Katingan Siaga Hadapi Potensi Banjir Lanjutan*

Hujan dengan Intensitas tinggi di beberapa wilayah di Kalimantan juga berdampak di Kalimantan Tengah. Dengan curah hujan tinggi di wilayah hulu sungai, memicu luapan Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Samba dan Sungai Katingan meluap ke jalan dan pemukiman warga pada Jumat (20/8/2021), sekitar pukul 07.00 WIB.

Baca Juga  Aceh Tamiang Terendam Banjir, Segini Tingginya

BPBD Kabupaten Katingan mencatat 11 desa di 3 kecamatan terdampak. Desa yang terdampak banjir ini antara lain Desa Samba Bakumpai, Desa Samba Katung, Desa Samba Kahayan, Desa Rantau Asem, Desa Tumbang Kalemei, dan Desa Napu Sahur yang berada di Kecamatan Katingan Tengah.

Berikutnya Desa Tumbang Kaman, Desa Tumbang Labehu di Kecamatan Senaman Mantikai. Desa Tumbang Hiran, Desa Rangan Surai dan Desa Rangan Tangko di Kecamatan Marikit.

Baca Juga  Bengkulu Selatan Rasakan Guncangan Gempa M5,1, Apa Dampaknya?

BPBD Katingan dan tim gabungan segera terjun ke lokasi untuk melakukan kaji cepat dan melakukan pendataan. Hingga saat ini tinggi muka air sekitar 30-60 sentimeter, dan masih diperkirakan akan bertambah melihat curah hujan yang terjadi. Melihat kondisi ini, BPBD Katingan terus bersiaga menghadapi potensi kenaikan debit air mengingat cuaca masih berpotensi hujan ringan hingga lebat.

Temukan Kami:
  • Bagikan