Dimanapun kamu berada, kamu selalu sibuk membagikan cerita atau foto ke media sosial, bahkan disaat pertemuan kerja, pertemuan sosial maupun acara-acara lainnya. Manfaatkan waktu tersebut untuk memperhatiakan acara yang sedang kamu ikuti.

4. Selalu melihat perkembangan jumlah followers

Ingin selalu meningkatkan jumlah pengikut media sosial tapi sangat kecil untuk berinteraksi dengan mereka. Akan merasa sedih ketika jumlah pengikut berkurang. Saatnya, kamu harus berinteraksi dengan orang di dunia nyata.

5. Merasa gelisah jika tidak membuka media sosial

Kamu merasa gelisah jika tidak segera membuka media sosial, itu artinya kamu sudah dikendalikan oleh media sosial yang kamu mainkan sendiri. Cobalah beberapa waktu untuk menonaktifkan sementara media sosial yang kamu miliki, jika kamu bisa melakukannya maka, kamu bisa mengontrol diri dari jeratan candu media sosial.

Kalau sudah ada tiga atau empat gejala tersebut, sudah saatnya untuk istirahat dengan mengurangi penggunaan media sosial. Namun jika penguasaan diri belum cukup baik, better di uninstall sementara deh platform media sosialnya. Inget, kesehatan fisik dan mental itu penting ya.