Penilaian Indeks Inovasi Daerah, Kemendagri Beberkan Nama-nama Tim Independen – Bonepos.com Best Automated Bot Traffic

Penilaian Indeks Inovasi Daerah, Kemendagri Beberkan Nama-nama Tim Independen

  • Bagikan

BONEPOS.COM, JAKARTA – Kepala Badan Litbang Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Agus Fatoni menjelaskan, setiap tahun Kemendagri melakukan pengukuran dan penilaian terhadap inovasi yang dilaporkan oleh pemerintah daerah.

Fatoni mengatakan, langkah itu merupakan amanat dari Pasal 22 Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah. Dalam regulasi itu disebutkan, bahwa Menteri Dalam Negeri melakukan penilaian terhadap daerah yang melaksanakan inovasi berdasarkan laporan dari kepala daerah.

Di sisi lain, kewajiban daerah untuk melaporkan inovasinya juga merupakan amanat dari Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, khususnya pada Pasal 388.

Baca Juga  Sukseskan Pilkada Serentak 2020, Mendagri Gandeng Tokoh Agama

Fatoni menuturkan, proses pengukuran dan penilaian inovasi tersebut dilakukan secara terbuka dan transparan. Pelaporan inovasi daerah ini dilakukan secara elektronik, melalui sistem Indeks Inovasi Daerah yang dapat diakses tanpa batas ruang dan waktu melalui situs web https://indeks.inovasi.litbang.kemendagri.go.id. Dalam sistem tersebut, masing-masing daerah juga dapat melihat langsung laju perkembangan penilaiannya.

Bahkan, mereka juga bisa melihat urutan peringkat dari semua daerah.

Baca Juga  Kasihan! 17 Rumah Warga Mamuju Rusak, Ini Penyebabnya

“Bahkan daerah dapat mengetahui peringkat inovasi daerahnya secara real time melalui sistem indeks,” beber Fatoni saat menjadi pembicara pada webinar yang dilaksanakan oleh Masyarakat Ilmu Pemerintahan (MIPI) dengan tema “Sinergi Memperkuat Riset dan Inovasi Nasional”, Sabtu (29/8/2021).

Kepala Badan Litbang itu menambahkan, setelah daerah melaporkan hasil inovasinya, Kemendagri akan melakukan pengukuran dengan melakukan validasi, verifikasi, dan analisis berdasarkan 8 variabel dan 36 indikator yang telah ditetapkan dalam indeks.

Temukan Kami:
  • Bagikan