Kerja Sama Mata Uang RI-China, Pengamat: Akan Ada Dampak Positif – Bonepos.com Best Automated Bot Traffic

Kerja Sama Mata Uang RI-China, Pengamat: Akan Ada Dampak Positif

  • Bagikan
Tinggalkan dolar ASRI dan China mulai menggunakan mata uang lokal rupiah dan yuan dalam transaksi bilateral. (Istockphoto/honglouwawa).

BONEPOS.COM, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) dan bank sentral China atau People’s Bank of China (PoBC) resmi memulai implementasi kerja sama penyelesaian transaksi bilateral dengan mata uang lokal atau local currency settlement (LCS) pada hari ini, Senin (6/9/2021).

Menanggapi hal tersebut, Ekonom Makroekonomi dan Pasar Keuangan LPEM FEB UI Teuku Riefky menilai, penambahan negara mitra kerja sama LCS ini tentu akan membawa sentimen positif pada pergerakan nilai tukar rupiah, karena mengurangi ketergantungan terhadap dollar Amerika Serikat (AS).

“Ini juga menurunkan potensi volatilitas dari pergerakan dollar AS. Karena, kita bisa menggunakan mata uang lokal sebagai penyelesaian transaksi perdagangan dan investasi, dengan negara-negara yang memiliki kerja sama LCS ini,” ujar Riefky dikutip Bonepos.com, dari Kontan.co.id, Senin (6/9/2021).

Baca Juga  [Up Date] Berikut Rincian Realisasi Anggaran PEN, Simak Ulasannya

Lanjut Riefky, China merupakan negara mitra dagang terbesar Indonesia. Dalam hal ini, bila perdagangan diselesaikan dengan mata uang yuan maupun rupiah, bisa meningkatkan volume perdagangan antara kedua negara.

“Akan ada dampak positif, dan diharapkan mampu mendorong lebih lanjut volume perdagangan antara Indonesia dan China, karena lebih stabilnya nilai tukar antara kedua negara,” ujarnya.

Baca Juga  Jutaan Orang Bahkan Tidak Menyadari Binomo Ilegal

Riefky menjelaskan, dalam jangka panjang, implementasi LCS ini juga bisa menjaga nilai tukar rupiah dari dampak negatif adanya pengetatan stimulus moneter (tapering off) AS. Namun, dengan catatan implementasi harus cepat.

Selain itu, menurut Dia, kesiapan pengusaha maupun bank-bank di negara masing-masing untuk berperan sebagai Appointed Cross Currency Dealer (ACCD) untuk menjalankan skema ini juga harus diperhatikan.

Temukan Kami:
  • Bagikan