Tekad Berkontribusi, Prof Dwia: Unhas Siap Kembangkan Kawasan Timur Indonesia – Laman 3 – Bonepos.com Best Automated Bot Traffic

Tekad Berkontribusi, Prof Dwia: Unhas Siap Kembangkan Kawasan Timur Indonesia

  • Bagikan

Dalam sambutannya, Suhajar lebih banyak memberikan gambaran terkait percepatan pembangunan Kawasan Timur Indonesia guna peningkatan daya saing nasional.

Suhajar berujar, kunci percepatan adalah dengan membangun energi positif dari semua pihak termasuk pemerintah sebagai pemimpin, perguruan tinggi, swasta, masyarakat sipil hingga media.

Pada hakikatnya, posisi relatif Kawasan Timur Indonesia (KTI) tergambar dalam beberapa indikator pembangunan sosial dan ekonomi, seperti indeks pembangunan manusia (IPM), angka kemiskinan (IK), dan ketimpangan pendapatan (Gini Ratio). Di antara 17 provinsi yang ada di KTI, nampak bahwa terdapat 15 provinsi dengan indeks pembangunan manusia di bawah IPM nasional.

Baca Juga  Selamat, Wali Kota Parepare Sabet Penghargaan PWI Susel, Ini Kontribusinya

Terkait angka kemiskinan, diantara 17 provinsi di KTI terdapat 9 provinsi di mana angka kemiskinan lebih tinggi daripada angka rata-rata secara nasional. Terdapat 4 provinsi yang memiliki angka ketimpangan pendapatan di atas rata-rata nasional. Di sisi lain, ketersediaan sarana dan prasarana transportasi, pendidikan, kesehatan, dan energi listrik masih kurang memadai.

Tingginya disparitas pembangunan antara wilayah Barat dan Timur Indonesia baik dalam aspek ekonomi, sosial maupun budaya, sebagai akibat pemanfaatan sumberdaya yang tidak efisien dan  efektif membawa Kawasan Timur Indonesia pada posisi yang kurang menguntungkan.

Baca Juga  Indonesia Forum 2021, Rektor Unhas Paparkan Peluang dan Tantangan Pelaku UMKM

Pada saat yang sama, pengelolaan keuangan daerah yang hanya mengejar serapan anggaran yang tinggi tanpa mempertimbangan perencanaan pembangunan yang berifat menyeluruh, efisien, dan tepat sasaran. Perencanaan pembangunan yang tidak efisien, boleh jadi sebagai akibat dari konsep perencanaan yang tidak berbasis Government Entrepreneurship.

Temukan Kami:
  • Bagikan