Mahasiswa Unhas Ciptakan Inovasi Material Anti Peluru, Lulus Uji Coba Kostrad – Bonepos.com Best Automated Bot Traffic

Mahasiswa Unhas Ciptakan Inovasi Material Anti Peluru, Lulus Uji Coba Kostrad

  • Bagikan

BONEPOS.COM, MAKASSAR – Mahasiswa Program Magister Angkatan 2019 pada Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas), Rudi, berhasil membuat inovasi bahan material anti peluru.

Inovasi ini sudah berhasil diuji coba oleh Divisi III Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad) di Kabupaten Gowa dengan uji tembakan sebanyak 3 kali dan mampu menahan peluru berkaliber 9 mm untuk jarak tembak 10 m.

Melalui wawancara pada Senin (29/11/2021), Rudi menjelaskan gagasan inovasi tersebut didasari oleh kondisi dimana selama ini untuk membuat rompi anti peluru menggunakan material berat, mahal dan sulit menemukan bahan di dalam negeri.

Baca Juga  Asa Ace Hasan Syadzily untuk Taufan Pawe Nakhodai Golkar Sulsel

Rudi memikirkan untuk mencari solusi alternatif menggantikan material bahan anti peluru yang lebih ringan dengan kekuatan yang sama.

“Carbon fiber adalah salah satu bahan yang digunakan. Bahan ini mudah kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, misal dalam pembuatan custom bagian mobil seperti fender mobil, kap mesin dan cover spion. Setelah dilakukan literasi referensi terhadap material tersebut, diperoleh bahwa material ini dapat digunakan dalam pembuatan rompi anti peluru,” jelas Rudi.

Temukan Kami:
  • Bagikan