Majukan Pembangunan Daerah, Bupati Gowa Tekankan Peran Desa – Bonepos.com Best Automated Bot Traffic

Majukan Pembangunan Daerah, Bupati Gowa Tekankan Peran Desa

  • Bagikan

BONEPOS.COM, GOWA – Bupati Gowa yang juga Sekretaris Jenderal Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), Adnan Purichta Ichsan menilai keberhasilan pemerintah daerah juga dibutuhkan peran pemerintahan desa di dalamnya.

Hal ini disampaikan Bupati Adnan saat menjadi narasumber pada Bimbingan Teknis/Peningkatan Kapasitas Bersama Bagi Anggota Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS) secara virtual, Sabtu (4/12/2021).

Ia menyebutkan, secara umum, pendekatan pembangunan desa dikategorikan dalam dua pendekatan utama yaitu pembangunan desa yang bersifat top-down, dan desa membangun yang berorientasi bottom-up.

Baca Juga  Gowa Dikepung Banjir; Catering Madinah hingga Perumahan Polri Terendam

“Prinsip bottom up ini pendekatannya partisipatif. Jadi selain top down dari pemerintah kabupaten, inisiatif dari desa juga kita harapkan. Sehingga kolaborasi itu bisa berjalan dengan baik,” ujar Bupati Gowa dua periode ini.

Menurut Adnan, kolaborasi yang baik sangat dibutuhkan oleh pemerintah daerah. Karena, hanya daerah yang mampu berkolaborasi dengan semua stakeholder yang ada, dapat menjadi daerah yang maju dan lebih baik daripada sebelumnya.

Baca Juga  Bupati Adnan Jabat Sekjen APKASI, Begini Respons Bupati Sinjai

“Kalau dahulu hanya ada tiga pilar pembangunan, hari ini telah dikembangkan menjadi lima pilar pembangunan, yaitu pemerintah, akademisi, pelaku usaha, masyarakat dan media. Kelimanya harus terus berkolaborasi untuk mempercepat proses pembangunan di Indonesia,” kata orang nomor satu di Gowa ini.

Temukan Kami:
  • Bagikan