Hati-Hati ! Ini Resiko Konsumsi Vitamin C Berlebihan Bagi Tubuh – Bonepos.com mgid.com, 535943, DIRECT, d4c29acad76ce94f

Hati-Hati ! Ini Resiko Konsumsi Vitamin C Berlebihan Bagi Tubuh

  • Bagikan

BONEPOS.COM – Sejak pandemic Covid banyak yang memburu vitamin untuk meningkatkan imun tubuh. Salah satu suplemen yang ramai dicari adalah vitamin C dosis tinggi.

Ini karena orang-orang sangat ingin melindungi tubuh dari virus yang tidak diinginkan. Namun, perlu kamu ketahui bahwa mengonsumsi vitamin C dalam jumlah tinggi dapat menyebabkan efek samping, seperti gangguan pencernaan dan batu ginjal.

Dampak Kesehatan Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin C

Terlalu banyak asupan suplemen vitamin C hanya akan membebani tubuh, akibatnya dosis mulai menumpuk dan berpotensi menyebabkan gejala overdosis. Penting untuk diingat bahwa kebanyakan orang sebenarnya tidak perlu mengonsumsi suplemen vitamin C, karena asupan vitamin C dapat dengan mudah didapatkan melalui konsumsi buah-buahan dan sayuran.

Meskipun dampak kesehatan terlalu banyak asupan vitamin C jarang terjadi, asupan suplemen vitamin C (selain yang disarankan dokter) dalam jangka panjang dapat meningkatkan efek negatif. Risiko kesehatan yang mungkin timbul akibat mengonsumsi terlalu banyak vitamin C meliputi:

Baca Juga  Ini Tips Sehat dan Menjaga Stamina ala Andi Nurhilda Daramata Seto

1. Gangguan Pencernaan

Efek samping yang umum terjadi jika mengkonsumsi suplemen vitamin C dengan dosis tinggi dan terlalu sering adalah gangguan pencernaan.

Ini akan terjadi jika kamu mengonsumsi lebih dari 2.000 miligram sekaligus. Pasalnya, batas yang dapat ditoleransi oleh tubuh hanyalah 2.000 miligram per hari.

Gejala gangguan pencernaan yang umum akibat asupan vitamin C berlebihan adalah diare dan mual. Asupan berlebihan juga dapat menyebabkan refluks asam. Jika kamu mengalami masalah pencernaan akibat mengonsumsi terlalu banyak vitamin C, cukup kurangi dosis suplemen atau hindari suplemen vitamin C sekaligus.

2. Gangguan Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan konsekuensi yang mungkin terjadi akibat terlalu banyak mengonsumsi suplemen vitamin C. Terlalu banyak suplemen vitamin C dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan senyawa oksalat dan asam urat dalam urine. Senyawa inilah yang memicu pembentukan batu ginjal.

Baca Juga  Punya Body Bak Gitar Spanyol, Ternyata Ini Rahasia Tante Ernie

3. Nutrisi Tidak Seimbang

Bahaya lain yang dikhawatirkan adalah vitamin C yang berlebihan dapat merusak kemampuan tubuh untuk memproses nutrisi lain. Contohnya, vitamin C dapat mengurangi kadar vitamin B12. Kehadiran vitamin C juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

4. Menyebabkan Taji Tulang

Terlalu tingginya kadar vitamin C dalam tubuh dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami taji tulang yang sangat menyakitkan.

5. Batas Konsumsi Vitamin C

Konsumsi suplemen vitamin C sewajarnya ya, pilihlah suplemen yang kandungannya tidak lebih dari 100 persen kebutuhan harian. Yaitu sekitar 90 miligram per hari untuk pria dan 75 miligram per hari untuk wanita.

Temukan Kami:
  • Bagikan