Tak Hanya Semeru, Ini Daftar Gunung Erupsi Tahun 2021 – Bonepos.com Best Automated Bot Traffic

Tak Hanya Semeru, Ini Daftar Gunung Erupsi Tahun 2021

  • Bagikan

BONEPOS.COM – Dikabarkan setidaknya ada 15 korban yang meninggal dunia akibat bencana gunung Semeru erupsi pada 6 Desember 2021.

Abdul Muhari selaku Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB menjelaskan bahwa sampai saat ini jumlah warga yang masih dinyatakan hilang sebanyak 27 orang.

Gunung Semeru sebelumnya memuntahkan awan panas guguran dipekan pertama bulan Desember. Lebih dari 900 orang terpaksa mengungsi akibat erupsi tersebut. Tidak hanya Gunung Semeru, berdasarkan data MAGMA Indonesia berikut ini daftar gunung yang juga erupsi sepanjang tahun 2021.

1. Gunung Api Raung

Gunung Api Raung merupakan gunung berapi kerucut yang terletak di ujung timur Pulau Jawa. Gunung ini termasuk berada di kawasan tiga kabupaten di wilayah Besuki, Jawa Timur, yaitu Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember.

Baca Juga  Garut Dilanda Banjir Setengah Meter, Ini Dampaknya

Pada 23 Maret 2021 Gunung Raung sempat mengalami erupsi, tepatnya pada pukul 05.00 pagi. Erupsi itu dengan ketinggian kolom abu kurang lebih 1000 meter di atas puncak (4332 meter di atas permukaan laut.

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang ke arah timur. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 3 mm dan durasi selamat 300 detik. Akibat erupsi tersebut, masyarakat dan pengunjung diminta tidak beraktivitas dalam radius 2 kilometer dari pusat erupsi kawah puncak.

Baca Juga  PPKM Mikro, Cara Tangkal Laju Pandemi Covid-19

2. Gunung Merapi

Gunung Merapi mengalami erupsi pada 25 Juni 2021 lalu tepatnya pukul 04.43 WIB dengan ketinggian kolom abu 1000 meter di atas puncak (3968 m di atas permukaan laut).

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah tenggara. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 75 mm dan durasi selama 245 detik.

Erupsi tersebut berpotensi guguran lava dan awan panas serta melontarkan material vulkanik bila terjadi erupsi eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak. Masyarakat juga tak dapat melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya.

3. Gunung Sinabung

Temukan Kami:
  • Bagikan