BONEPOS.COM, MAKASSAR – Kasman Tubillahi, Mahasiswa Departemen Sastra Asia Barat Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin Angkatan 2020 menginisiasi metode lukisan menggunakan benang.

Metode ini dilakukan dengan merangkai benang di atas susunan paku pada kanvas. Salah satu karya awalnya adalah lukisan wajah Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, di atas kanvas berukuran 1×1 meter.

Pada Senin (13/12/2021) lalu, Kasman mempersembahkan karya tersebut kepada Prof. Dwia, di Ruang Kerja Rektor, Lantai 8 Gedung Rektorat Unhas.

Kasman didampingi oleh dua orang seniornya, yang turut membantunya dalam menyelesaikan lukisan.

Kasman mengatakan sebenarnya ia tidak cukup percaya diri dengan karyanya. Itulah sebabnya, karya-karya yang dihasilkan umumnya disimpan sebagai koleksi pribadi. Namun berkat dorongan dan motivasi dari senior-seniornya, ia memberikan diri untuk menyerahkan karyanya kepada Prof. Dwia.

Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., mengaku takjub dan sangat mengapresiasi hasil karya Kasman.

Menurutnya, karya ini terbilang unik. Kasman mampu melukis raut wajah diri Prof Dwia yang dianggap sangat mirip dengan wujud aslinya. Metode ini tentu membutuhkan tantangan tersendiri, hingga dapat menghasilkan potret yang realistis.