BONEPOS.COM, SINJAI – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Sinjai pada 17 Maret 2022, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Sinjai, AKBP Rachmat Sumekar mengimbau agar perhelatan pesta demokrasi tersebut sebagai wadah dan sarana masyarakat menggunakan hak pilihnya untuk memilih figur terbaik di masing- masing desanya.

“Hal ini tentu menjadi harapan kita semua agar pelaksanaan pesta demokrasi yang digelar setiap enam tahunan ini mampu memunculkan suasana sejuk, harmonis, damai dan kondusif. Ini tentunya menjadi harapan kita semua,” kata mantan Kapolres Bantaeng ini, Rabu (2/3/2022).

Menurutnya, tentu ini tidaklah terlalu sulit untuk mengimplementasikan harapan ini, karena dilandaskan pada budaya masyarakat Sinjai yang dikenal dengan Sipakatau, Sipakainge, Mali Siparappe dan sebagai bagian dari wejangan orang tua kita atau pendahulu kita di Kabupaten Sinjai.

Dari latar belakang sejarah pun juga kita tidak meragukannya, dibuktikan berbagai pemilihan secara langsung yang telah digelar, seperti misalnya Pilkada, Pileg, Pilpres dan termasuk pemilihan Kepala Desa serentak sebelumnya menjadi catatan sejarah perpolitikan di Kabupaten Sinjai yang aman dan kondusif.

“Saya tidak ingin ada permasalahan dan perpecahan di tengah-tengah masyarakat. Perbedaan dalam pilihan adalah hal yang wajar, jangan memutus silaturahmi hanya gara-gara beda pilihan, mari bersama seluruh masyarakat dan stakeholder untuk memaknai bahwa pemilihan kepala desa sebagai ajang menyalurkan hak pilih masyarakat,” ungkapnya.

AKBP Rachmat menambahkan, sebagai aparat penegak hukum di Kabupaten Sinjai khususnya jajaran Kepolisian Resor Sinjai, tentu tidaklah mudah untuk memikulnya semua, olehnya itu kesadaran dan kebersamaan seluruh elemen masyarakat Sinjai dalam bersatu padu menjaga Kamtibmas agar tetap kondusif sebagai salah satu harapan dan tujuan bersama. (*)