BONEPOS.COM, JAKARTA – Ukraina angkat bicara soal statement Presiden Joko Widodo yang membawa pesan Volodymyr Zelensky saat bertemu Vladimir Putin di Moskow, Jumat (3/7/2022) lalu.

Jubir Kantor Kepresidenan Ukraina, Serhii Nikiforov mengatakan, Zelensky tak perlu perantara untuk menyampaikan pesannya, termasuk kepada Putin.

“Ada pesan apa pun, jika Presiden Ukraina ingin berbicara kepada seseorang, dia akan melakukannya secara terbuka, dalam pidato hariannya,” kata Nikiforov kepada kantor berita Ukrainska Pravda, Minggu (3/7/2022).

Nikiforov mengatakan, pertemuan Zelensky dan Jokowi beberapa hari lalu fokus membicarakan ancaman krisis pasokan pangan global seperti gandum dan pupuk.

Sebab, sejak invasi Rusia ke Ukraina berlangsung, Moskow memblokir sejumlah pelabuhan sehingga pasokan gandum Ukraina tertahan.

Padahal, Ukraina merupakan salah satu pasokan gandum utama dunia.

“Indonesia adalah salah satu importir gandum terbesar dari Ukraina, dan blokade pelabuhan Ukraina adalah fokus utama pembicaraan antara presiden (Indonesia dan Ukraina) di Kiev,” ucapnya.

“Rusia memikul tanggung jawab penuh karena mengganggu ekspor (gandum Ukraina) ke Indonesia, serta ke bagian lain dunia.”