Opini  

Maksimalkan Potensi, Saatnya Beraksi

Muhammad Ashri Samad

BONE — Asa tinggi disematkan kepada Perumda Ellung Mangenre (PEM). Khususnya, dalam membantu Pemkab Bone mendapatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Perlahan namun pasti. Ungkapan ini tepat menggambarkan perjuangan Perumda Ellung Mangenre Kabupaten Bone, di bawah nakhoda Andi Dirga Baso.

Meski terbilang baru, kerja keras Dirga dkk mulai menunjukkan hasil positif. Hal itu dibuktikan implikasi nyata dari adanya Memorandum of Understanding (MoU) antara Perumda Ellung Mangenre Kabupaten Bone dengan Perumda Manuntung Sukses Kota Balikpapan.

Baca Juga  IBU, Ketua di Kelas Pemalas dan Setahun Nakhodai Parlemen

Perumda Ellung Mangenre Kabupaten Bone mulai mengirim sapi ke Pulau Kalimantan. Tepatnya di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Ini menjadi awal kebangkitan Perumda Ellung Mangenre Kabupaten Bone. Diharapkan, terus membuka pasar dan memaksimalkan potensi yang dimiliki daerah berjuluk Bumi Arung Palakka.

Hal itu tidak lepas dari potensi yang dimiliki Kabupaten Bone. Mulai dari sektor pertanian, peternakan, hingga kelautan dan perikanan.

Baca Juga  Fenomena Virus "Cerutu" dan Kentut

Untuk memaksimalkan potensi tersebut, Perumda Ellung Mangenre harus juga menguatkan sisi manajemen organisasi yang dimiliki.

Prinsip manajemen penting diterapkan. Mulai dari perencanaan yang matang, pengaturan tim, implementasi rencana kerja, hingga memastikan alur kerja bisnis berjalan sesuai perencanaan.

Karena di balik kesuksesan bisnis yang dijalankan, ada organisasi baik yang mengawalnya. Selamat bekerja, saatnya beraksi. (*)

Muhammad Ashri Samad
(Lulusan Pascasarjana STIEM Bongaya)