BONEPOS.COM, GOWA – KALLA melalui PT Bumi Karsa dan Yayasan Hadji Kalla (YHK) bakal melanjutkan program Corporate Social Responsibility (CSR) pada lima desa yang berlokasi di Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa. Bentuk programnya ialah edukasi pelestarian lingkungan dan penanaman bibit pohon.

Kelima desa tersebut ialah Kanreapia, Tonasa, Pao, Tamaona dan Erelembang. Program CSR KALLA di desa-desa ini sudah berjalan sekitar tiga tahun. Jumlah bibit pohon yang telah diberikan kepada warga sudah mencapai 75.000 bibit untuk lima desa dengan jenis pohon yang beragam, diantaranya kayu putih, ketapang kencana, kopi, alpukat hingga suren.

Tim CSR KALLA pun telah melakukan monitoring sekaligus melakukan sosialisasi kembali di beberapa titik lokasi penanaman yang ada di desa tersebut, beberapa waktu lalu.

Pertumbuhan pohon yang ditanam warga pun sangat baik. Oleh karena itu, program CSR yang bertema “Agroforestry Tombolo” ini pun terus berlanjut hingga kini.

Kepala Desa Kanreapia, Rusli Yusuf, mengatakan, program CSR yang dilaksanakan KALLA sudah selaras dengan program desa, yakni penanaman 100.000 pohon. Ketersediaan pohon hingga saat ini memang masih sangat dibutuhkan warga.

“Pohon-pohon yang ditanam sangat penting manfaatnya, mulai dari menjaga ketersediaan air, menjaga tanah dari rawan longsor hingga menambah nilai ekonomi untuk warga.

Oleh karena itu, kami sangat berterima kasih kepada Kalla Group yang telah melaksanakan program CSR di desa kami,” tuturnya, Senin (11/7/2022).

Ia pun mengungkapkan, bibit pohon yang ditanam warga betul-betul dijaga. Adapun jenis pohon yang paling cocok tumbuh dan paling dibutuhkan di Desa Kanreapia ialah eucalyptus atau leda. “Sejak ditanam sekitar 3 tahun lalu, sekarang tingginya sudah mencapai 2 sampai 3 meter,” sebut Rusli.