Tegang, China Kerahkan Militer Besar-besaran Melintas di Selat Taiwan – Bonepos.com mgid.com, 535943, DIRECT, d4c29acad76ce94f

Tegang, China Kerahkan Militer Besar-besaran Melintas di Selat Taiwan

  • Bagikan
Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) melakukan uji coba rudal konvensional ke perairan lepas pantai timur Taiwan, dari lokasi yang dirahasiakan dalam selebaran ini yang dirilis pada 4 Agustus 2022. (Foto/via REUTERS)

BONEPOS.COM, JAKARTA – China dilaporkan mengerahkan militer besar-besaran ke Selat Taiwan pada Jumat (5/8/2022).

Mengutip CNNIndonesia dari AFP dan Reuters, sumber pemerintah Taiwan menyebut ada 10 kapal angkata laut China melintas garis median Selat Taiwan.

Selai itu, ada sekitar 20 pesawat militer China yang sempat mengudara dan secara singkat melewati garis tersebut.

Manuver militer China di kawasan itu merupakan buntut dari kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat (AS), Nancy Pelosi 0di Taiwan beberapa hari lalu.

Baca Juga  Muhyiddin Jadi PM Malaysia, Memiliki Darah Ulama Keturunan Bugis dan Jawa

Kementerian Pertahanan mengatakan militernya telah mengerahkan pesawat tempur, kapal, pun menempatkan sistem rudal berbasis darat untuk memantau pergerakan armada militer yang tengah melangsungkan latihan militer besar-besaran ini.

Kemhan menuturkan sejumlah kapal China dan satu pesawat tempurnya menerobos garis median Selat Taiwan pada Jumat (5/8/2022) pagi dikutip dari Reuters.

Taipei menilai tindakan China tersebut sebagai aksi yang sangat provokatif.

Baca Juga  Kasus Covid-19 Melonjak, Singapura Lockdown Lagi

Tak hanya itu, Kemhan Taiwan menegaskan negaranya bakal mempersiapkan diri untuk pertempuran, tetapi tak akan memulai perang.

Sebagaimana diberitakan AFP, China telah memulai latihan militer di dekat wilayah Taiwan sejak Kamis (4/8/2022).

Temukan Kami:
  • Bagikan