Unhas dan UCT Afrika Selatan Kolaborasi Teliti Penyakit Infeksi – Bonepos.com mgid.com, 535943, DIRECT, d4c29acad76ce94f

Unhas dan UCT Afrika Selatan Kolaborasi Teliti Penyakit Infeksi

  • Bagikan
Foto: Rapat pertemuan yang dilakukan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Unhas bersama Fakultas Kedokteran UCT Afrika Selatan yang berlangsung secara daring melalui aplikasi zoom meeting pada Selasa (2/8/2022). (Screenshot Humas Unhas)

MAKASSAR — Universitas Hasanuddin (Unhas) dan University of Cape Town (UCT) Afrika Selatan akan menjalin kolaborasi penelitian berkaitan dengan penyakin infeksi.

Hal ini sesuai rapat pertemuan yang dilakukan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Unhas bersama Fakultas Kedokteran UCT Afrika Selatan yang berlangsung secara daring melalui aplikasi zoom meeting pada Selasa (2/8/2022).

Hadir dalam rapat Ketua LP2M Unhas Prof. dr. Muh. Nasrum Massi, Ph.D., Sp.MK., Wakil Dekan IV FK Unhas Dr. dr. Rina Masadah, Sp.PA., M.Phil., DFM, Dekan FK UCT Prof Leonel Green Thompson, dan Direktur Research UCT Dr. Yolande.

Melalui wawancara pada Kamis (4/8/2022), Ketua LP2M Unhas Prof. dr. Muh. Nasrum Massi, Ph.D., menjelaskan inisiasi kolaborasi penelitian tersebut secara umum merupakan wujud dari kontribusi dan peran Unhas dalam membangun kemitraan dan bermanfaat lebih kepada masyarakat. Dirinya mengatakan, secara umum kerja sama riset Unhas dengan benua Afrika masih kurang.

Baca Juga  Unhas Hasilkan 22 Insinyur di Bone, Begini Kesan Diwisuda Virtual

“Sebelumnya, penyakit infeksi di Afrika dan Asia terutama Indonesia masih cukup tinggi. Selain itu konferensi dan webinar juga sangat jarang Unhas lakukan dengan universitas di wilayah tersebut. Kita mencari Fakultas Kedokteran di Benua Afrika dan mencoba menghubungi Dekan FK UCT, mereka merespons dengan melakukan pertemuan awal membahas konsep kerja sama yang hendak dilakukan,” jelas Prof. Nasrum.

Baca Juga  Totalitas Pekerja Dinas PU Makassar, Hujan Bukan Penghalang Demi Sesuap Nasi

Prof. Nasrum mengatakan, rencana kerja sama penelitian difokuskan pada penyakit infeksi dengan melakukan link and match antara para peneliti Unhas yang memiliki bidang keilmuan penyakit infeksi dengan peneliti Faculty of Health Science UCT. Sebagai awal, topik utama riset akan berkaitan dengan tuberculosis, malaria, dan hepatitis.

“Terlebih dahulu akan dilakukan top scientist webinar dalam waktu dekat. Kita sudah mengirimkan format top scientist webinar yang selama ini kita lakukan dan akan menjadi contoh bersama secara berkelanjutan. Nantinya, para peneliti Unhas dan UCT akan dipertemukan untuk membahas kolaborasi penelitian ini secara lebih mendalam,” jelas Prof. Nasrum. (*/mir/ril)

Temukan Kami:
  • Bagikan