Siloam Makassar Edukasikan Pengetahuan Wanita Merdeka Kanker – Bonepos.com mgid.com, 535943, DIRECT, d4c29acad76ce94f

Siloam Makassar Edukasikan Pengetahuan Wanita Merdeka Kanker

  • Bagikan
Dokter Spesialis Bedah Onkologi RS Siloam Makassar, dr John S. L. A. Pieter, S. pB (K) Onk. (Foto/Siloam Makassar)

BONEPOS.COM, MAKASSAR – Dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Indonesia yang ke-77, Siloam Makassar menghelat bincang sehat melalui Instagram Live dan Zoom Meeting pada Selasa, 16 Agustus 2022. Topik yang diangkat pada pembicaraan kali ini mengenai wanita dan kanker.

Bersama dr. John S. L. A. Pieter, S. pB (K) Onk selaku Dokter Spesialis Bedah Onkologi di Siloam Makassar, edukasi kesehatan ini hendak mengingatkan para wanita untuk lebih mawas diri mengenali tanda-tanda kanker yang dapat menimpa siapapun.

Perlu diketahui, kanker merupakan jenis tumor yang mengancam. Awal mula kehadiran kanker dalam diri dapat dikenali dengan adanya benjolan tidak normal dari suatu bagian tubuh yang tidak dapat dikendalikan oleh tubuh itu sendiri. Istilah ini kerap kali disebut juga sebagai tumor.

Baca Juga  Tips Agar Tubuh Tidak Kaget di Puasa Pertama

“Tumor dibagi menjadi dua jenis, yaitu jinak dan ganas. Tumor dapat dikatakan jinak apabila tumbuh lambat, tidak berakar, bagian benjolan mudah digerakkan, tidak sakit, kenyal atau padat berkonsistensi dan permukaan rata dengan batas yang jelas.” Kata dr. John Pieter dalam sesi Instagram Live dan Zoom Meeting.

Sebaliknya, tumor dapat dikatakan ganas jika tumbuh cepat, berakar sehingga sulit digerakan, konsistensi padat dan keras, dapat menyebar, hingga berpotensi mengakibatkan kematian.

dr. John Pieter yang berpraktik setiap Senin, Selasa, dan Jumat pukul 13.00 – 14.00 WITA di Siloam Hospitals Makassar juga menuturkan, “Umumnya, bagian tubuh yang sering terkena kanker antara lain, leher rahim, payudara, paru, hati, darah, kulit, hidung, dan usus besar. Salah satunya yang perlu diwaspadai adalah kanker pada payudara”

Baca Juga  Dokter Boyke Ajari Sule Posisi Begituan Saat Istri Hamil, Cita Citata Histeris

Kanker payudara (Carcinoma Mammae) menjadi ‘momok’ yang sering terjadi pada wanita. Penyakit ini jarang menimpa pria. Bila ada perubahan bentuk atau ada rasa sakit pada bagian sekitar, kondisi tersebut perlu diwaspadai.

Deteksi dini penting dilakukan. Tak hanya berpatokan pada kanker payudara saja, melainkan jenis kanker lainnya yang berpotensi timbul dalam tubuh.

Temukan Kami:
  • Bagikan