Meriahkan Unhas Day 2022, Kolaborasi Tradisi Adat Papua dan Bugis Makassar – Bonepos.com mgid.com, 535943, DIRECT, d4c29acad76ce94f

Meriahkan Unhas Day 2022, Kolaborasi Tradisi Adat Papua dan Bugis Makassar

  • Bagikan
Mahasiswa Vokasi Unhas dengan Pakaian Adat empat etnis dan adat Papua melakukqn foto bersama di GOR JK Arenatorium Unhas, Sabtu (20/8/2022).

BONEPOS.COM, MAKASSAR — Sebagai bagian dari rangkaian Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), Mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Hasanuddin turut memeriahkan Unhas Day dengan mengenakan pakaian tradisional adat Papua dan Sulawesi Selatan.

Mahasiswa Vokasi Unhas menampilkan tarian perang etnis dan persaudaraan Papua yang dikombinasikan dengan tarian empat etnis dari Sulawesi Selatan, di GOR JK Arenatorium Unhas, Sabtu (20/8/2022).

Dekan Fakulas Vokasi Unhas  Prof. Dr. Ir . Muh Restu, mengharapakan dengan adanya Unhas Day ini mahasiswa Fakultas Vokasi dapat terus berkaya dengan bakat masing-masing dan dapat mengikuti berbagai kegiatan kemahasiwaan yang tersedia di Unhas.

Prof. Restu mengapresiasi dan sangat bangga dengan penampilan mahasiswa vokasi yang telah di wakili oleh mahasiswa terapi gigi yang kampusnya berada di Makassar .

Wakil Dekan Fakultas Vokasi , Dr. Ida Leida M, SKM.,MKM.,M.ScPH., yang selalu mendampingi dan menyemangati para mahasiswa tersebut, menjelaskan, dengan tema yang di ambil oleh bidang kemahasiswaan Unhas “Discovering Your Passion, Create Your Future”, diharapkan mahasiswa akan mengembangkan passion yang di milikinya untuk nantinya menjadi bekal di masa depan.

Baca Juga  UTBK-SBMPTN 2022, Begini Kesiapan Unhas

Seperti penampilan pada tarian yang diwakili mahasiswa vokasi, tarian tersebut merupakan tarian penggabungan antar Papua dan Bugis Makassar.

“Hal ini karena kami mendukung bakat masing-masing mahasiswa, sehingga mahasiswa dapat menampilkan bakatnya secara bersamaan dan berlatih bersama-sama dengan semangat untuk menampilkan yang terbaik,” jelas Dr. Ida Leida.

Lebih lanjut, dijelaskan tari yang di tampilakan tersebut merupakan hasil koreografi oleh Martinus dan Irabuana ini sangat bermakna, karena menujukan persatuan dan kesatuan antar suku dan antar etnis di Indonesia.

Tarian tersebut berawal dari cerita rakyat papua dimana kedua suku saling berperang satu sama lain, namun dengan adanya suku lain yang bergabung, mereka sadar bahwa mereka bersudara dan akhirnya berdamai dan bersatu dalam keberagaman.

Baca Juga  Anda Ingin Jadi Tenaga Sertifikasi Halal, LSP PPHI Punya 5 Skema Usai Terima Sertifikat Lisensi dari BNSP

“Pesan yang disampaikan oleh perwakilan  adik-adik vokasi dari terapi gigi ini adalah meski Unhas beragam dari berbagai suku dan daerah namun Unhas harus tetap bersatu untuk menguatkan Unhas dan Indonesia, sesuai penjelasan A. Tiara Aurelia dan Ratih Wardoyo di awal penampilan mahasiswa,” jelas Dr. Ida. Leida.

Martinus dan Margo, salah satu mahasiswa vokasi yang ikut menampilkan tarian mengungkapkan rasa senangnya. Ia mengaku senang karena bisa bersama mahasiswa lain turut memeriahkan acara Unhas Day dengan menampilkan tarian daerah papua hingga dapat menjadi pusat perhatian teman-teman lain karena menggunakan baju adat Asmat yang khas.

“Semoga di lain kesempatan kami bisa tampil lagi dan mengembangkan bakat menari kami,” Ujarnya.

Pada kegiatan Unhas Day turut mendampingi sekretaris Prodi Terapi Gigi , Nur Aeda, S.Tr.Kes., jajaran pimpinan, dan sivitas akademika Fakultas Vokasi Unhas. (rls)

Temukan Kami:
  • Bagikan