Dilarang di Sejumlah Daerah, Ini Beberapa Fakta Soal Sepeda Listrik – Bonepos.com mgid.com, 535943, DIRECT, d4c29acad76ce94f

Dilarang di Sejumlah Daerah, Ini Beberapa Fakta Soal Sepeda Listrik

  • Bagikan
Foto: Satlantas Polres Bone melakukan sosialisasi di lapangan terkait aturan pengguna sepeda listrik, di sepanjang Jalan Petta Ponggawae Kabupaten Bone, Selasa (13/9/2022). (Mimin/Bonepos)

BONEPOS.COM – Sepeda listrik atau electric bicycle (e-bike) saat ini mulai digandrungi oleh warga, tidak tanggung-tanggung sepeda yang mengintegrasikan motor listrik yang digunakan sebagai pendorong itu kini mulai merambah ke pelosok daerah.

Belakangan ini, polisi lalu lintas di sejumlah daerah memberhentikan masyarakat yang menggunakan sepeda listrik di jalan raya. Salah satunya di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Munculnya larangan sepeda listrik bertenaga baterai di jalan raya menimbulkan dilema di kalangan masyarakat, ada yang setuju dan ada yang kurang setuju. Menurut pihak berwajib, sepeda listrik di jalanan dianggap berbahaya.

Baca Juga  Polres Bone Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Menurut pihak Kepolisian, penggunaan sepeda listrik sangat beresiko dan dapat menyebabkan fatalitas kecelakaan lalu lintas.

Berikut Fakta-fakta soal Sepeda Listrik

1. Aturan Sepeda Listrik

Sepeda listrik diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 45 Tahun 2020 tentang Kendaraan Tertentu dengan Menggunakan Penggerak Motor Listrik.

Selain sepeda listrik, aturan ini juga mengatur tentang Otopet, skuter listrik, hoverboard, dan sepeda roda satu.

Baca Juga  Truk Pengangkut Solar 10 Ton Terguling di Bone

Syarat penggunaan kendaraan tertentu bertenaga listrik itu adalah menggunakan helm, pengguna minimal 12 tahun, tak boleh mengangkut penumpang kecuali dilengkapi tempat duduk penumpang, dan tak boleh memodifikasi daya motor listrik.

Kendaraan tertentu ini juga ditetapkan beroperasi hanya di lajur khusus, kawasan tertentu atau trotoar. Kecepatan maksimal pengoperasian yaitu 25 km per jam.

2. Dilarang Di Jalan Raya

Temukan Kami:
  • Bagikan