STIA Puangrimaggalatung Bone Kenalkan Pemanfaatan Tenaga Surya – Bonepos.com mgid.com, 535943, DIRECT, d4c29acad76ce94f

STIA Puangrimaggalatung Bone Kenalkan Pemanfaatan Tenaga Surya

  • Bagikan
Foto: Dengan memanfaatkan sinar matahari, Sekolah Tinggi Ilmu Adminstrasi (STIA) Puangrimaggalatung Bone menggelar sosialisasi Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) pemanfaatan tenaga surya dalam mengelola air bersih bagi masyarakat Desa Samaenre, Kecamatan Bengo, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. (Mimin/Bonepos)

BONEPOS.COM, BONE – Matahari terik dan musim hujan yang singkat sudah menjadi makanan sehari-hari untuk masyarakat Indonesia bagian Timur, terutama di Provinsi Sulawesi Selatan.

Dengan kondisi alam ini, petani terpaksa lebih sering melembabkan tanah demi memperoleh sesuap nasi.

Dengan memanfaatkan sinar matahari, Sekolah Tinggi Ilmu Adminstrasi Puangrimaggalatung Bone menggelar sosialisasi Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) pemanfaatan tenaga surya dalam mengelola air bersih bagi masyarakat Desa Samaenre, Kecamatan Bengo, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Program PKMS ini diprakarsai dan didanai oleh Kemdikbud Ristek Dikti bekerja sama dengan insan dosen perguruan tinggi (yang lolos proposal) dengan mitra yang ada di masyarakat.

Baca Juga  Cara STIA Puangrimagalatung Bone Ringankan Warga Terdampak Banjir

Ketua tim PKMS, Andi Asrijal mengatakan, tujuan sosialisasi ini untuk saling bertukar pikiran terkait permasalahan air bersih di Desa Samaenre.

“Tujuan lainnya ialah memberikan inovasi baru kepada BUMdes Samaenre sebagai pengelola air bersih sehingga keluhan dan hambatan selama ini dapat dipecahkan dengan pemanfaatan tenaga surya,” terang Andi Asrijal, Kamis (22/9/2022).

Asrijal melanjutkan, dengan inovasi ini, masyarakat tidak lagi tergantung dengan tenaga listrik konvensional yang memiliki beban biaya yang cukup tinggi.

Baca Juga  61 Tahun, PR Besar Pasukan Pelopor 

“Sudah terpasang, sisa mau diuji coba,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Desa Samaenre, Syamsuddin menyampaikan, pengelolaan air bersih ini menggunakan tenaga surya mempunyai manfaat yang banyak baik dari segi ekonomi dan lainnya.

“Kami menyambut baik program ini. Tidak ada lagi istilah mati lampu, setiap saat air akan terus mengalir saat dibutuhkan,” ujarnya.

“Mudah-mudahan dengan adanya inovasi tenaga surya ini dapat bermanfaat di masyarakat dan dapat mengurangi beban masyarakat untuk pembayaran iuran air bersih,” sambungnya. (Mimin)

Temukan Kami:
  • Bagikan