Kolaborasi Kementan, AAP Dorong Petani Ubah Mindset Pacu Hasil Pertanian – Bonepos.com mgid.com, 535943, DIRECT, d4c29acad76ce94f

Kolaborasi Kementan, AAP Dorong Petani Ubah Mindset Pacu Hasil Pertanian

  • Bagikan
Foto: Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia bekerja sama anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Fraksi PKS, Andi Akmal Pasluddin (AAP) menggelar Bimbingan Teknis Prasarana dan Sarana Pertanian dengan tema "Kiat Mengantisipasi Dan Mengatasi Kerusakan Alsintan Secara Mandiri". (Mimin/Bonepos)

BONEPOS.COM, BONE – Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia bekerja sama anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Fraksi PKS, Andi Akmal Pasluddin (AAP) menggelar Bimbingan Teknis Prasarana dan Sarana Pertanian dengan tema “Kiat Mengantisipasi Dan Mengatasi Kerusakan Alsintan Secara Mandiri”.

Bimtek ini diadakan di salah satu hotel di Jalan Langsat, Kota Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Sabtu (24/9/2022).

Turut hadir Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Kabupaten Bone Tenriawaru, Kabid Sarana dan Prasarana Kementerian Pertanian RI, Gunawan Suhendro.

Tenriawaru mengungkapkan, dalam waktu dekat akan ada bantuan 2 ribu unit pompa air berbahan gas dari kerja sama Kementerian Pertanian dan Kementerian Sumber Daya Mineral.

Baca Juga  Monev Banper di Desa Arasoe, Begini Reaksi Kadis Ketapang Bone

“Dibagi perindividu nantinya bagi petani yang memilik luas lahan minimal 0,50 are,” ujar Tenri.

Tenri menambahkan, sejak tahun 2016 hingga tahun 2022 terdapat 1.486 unit bantuan traktor roda 2, 982 unit pompa air, 130 unit traktor R4, 96 unit Com planter, 101 unit R Transplanter, 173 unit Cultivator, 4 unit Excavator, dan 10.900 unit hands prayer bantuan di Kabupaten Bone.

Sementara itu, AAP dalam sambutannya berharap dengan adanya bantuan-bantuan pertanian ini, hasil pertanian bisa lebih meningkat terutama di Kabupaten Bone.

“Jangan sampai sudah dibantu alat pertanian tapi hasilnya tidak ada peningkatan tapi hanya mempersingkat waktu kerja saja,” ujar Akmal Pasluddin.

Baca Juga  AAP Beri Pencerahan Soal Empat Pilar MPR RI di Bone, Ini Pesannya

Anggota DPR RI putra asli Bone ini menambahkan, dari hasil rapat di Banggar, tahun depan di Kabupaten Bone akan banyak dibangun sumber-sumber air, karena masih banyak sumber air yang belum dimanfaatkan dengan baik.

“Semua ini harus kita syukuri dengan baik, maksimalkan potensi, Bone tidak bisa maju kalau bukan pertaniannya tidak digenjot. Jadi jangan malas, ubah mindset, agar hasil pertanian melimpah untuk kesejahteraan kita,” ujarnya.

“Kementan juga telah menyediakan asuransi pertanian, seperti puso, gagal panen, dan semacamnya maka akan dicover bila terdaftar di asuransi dengan iuran 20 persen, begitu juga peternakan,” sambungnya. (Mimin)

Temukan Kami:
  • Bagikan