Yasir Setop Anggaran Kehormatan Pengurus KONI Sulsel, Garansi Dana 2022 Sesuai Peruntukan – Bonepos.com mgid.com, 535943, DIRECT, d4c29acad76ce94f

Yasir Setop Anggaran Kehormatan Pengurus KONI Sulsel, Garansi Dana 2022 Sesuai Peruntukan

  • Bagikan
Foto: Ketua KONI Sulsel masa bakti 2022-2026, Yasir Machmud. (Dok. KONI Sulsel)

BONEPOS.COM, MAKASSAR — Anggaran Rp5 miliar KONI Sulsel untuk tahun 2022 yang dipertanyakan anggota DPRD Sulsel, ditanggapi Ketua KONI Sulsel masa bakti 2022-2026, Yasir Machmud.

Menurut Yasir, Kepengurusan KONI adalah adhoc pemerintah dalam penyelenggaraan keorganisasian dan pembinaan keolahragaan di Sulawesi Selatan.

Dalam UU Nomor 11 tentang Keolahragaan disebutkan bahwa Pengelolaan Olahraga di provinsi dilakukan oleh Pemerintah Daerah provinsi dibantu oleh KONI Provinsi, serta pendanaan keolahragaan bersumber dari APBD dan menjadi tanggung jawab bersama antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, badan usaha, dan masyarakat.

Sejak dahulu kegiatan Musorprov dan pelantikan serta kegiatan pra Porprov dan gaji karyawan KONI dibiayai oleh APBD, dan anggaran Rp5 miliar ini dialokasikan untuk membiayai itu.

Baca Juga  Keren, KONI Sulsel Dorong 34 Atlet Jadi CPNS

“Dan kami prioritaskan lebih Rp3,5 miliar khusus untuk membiayai awal kegiatan Porprov XVII Sinjai dan Bulukumba,” ujar Yasir dalam rilis yang diterima Bonepos, Minggu (25/9/2022).

Dalam proposal yang diusulkan KONI Sulsel disetujui oleh Dispora dan direview oleh inspektorat yang di dalamnya termasuk kegiatan tersebut. Semuanya tertera dalam NPHD.

“Kami akan pertanggungjawabkan kalau penggunaan anggaran tidak sesuai dengan peruntukan,” ujar Yasir.

“Saya kira di 34 KONI Provinsi dan 514 KONI Kabupaten/Kota punya prinsip yang sama dalam pengelolaan anggaran hibah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tambahnya.

Yasir Machmud menambahkan bahwa baru tahun ini tidak ada anggaran kehormatan untuk para pengurus KONI. Kepengurusan sebelumnya mengelola anggaran yang cukup termasuk ada anggaran kehormatan dan insentif yang melekat setiap bulannya untuk para pengurus.

Baca Juga  Peran Vital Media Massa di Tengah Pandemi, Penerapan IES

“Tapi karena tahun ini anggaran terbatas jadi kami tiadakan anggaran tersebut,” ungkap Yasir.

“Kami juga berharap sekiranya para pemangku kebijakan bisa melihat agenda keolahragaan ini sebagai tanggung jawab kita bersama sehingga apa yang menjadi target kita untuk membawa Sulsel juara di tingkat nasional dan internasional dapat tercapai. Semoga KONI Sulsel mendapat support dari pemerintah dan DPRD Sulsel membawa puncak prestasi para atlet kita,” sambungnya.

Sementara itu, Bendahara KONI Sulsel, Gaffar Lewa membenarkan bahwa kegiatan Musorprov, pra Porprov dan gaji karyawan pihaknya berutang karena anggatan KONI untuk tahun 2022 cair pada Juni 2022. (Ian)

Temukan Kami:
  • Bagikan