Hari Kesaktian Pancasila, Kompol Nur Ichsan: Bentuk Penghargaan Gugurnya Pahlawan Revolusi – Bonepos.com mgid.com, 535943, DIRECT, d4c29acad76ce94f

Hari Kesaktian Pancasila, Kompol Nur Ichsan: Bentuk Penghargaan Gugurnya Pahlawan Revolusi

  • Bagikan
Personel Brimob Bone upacara hari Kesaktian Pancasila. (Ist)

BONEPOS.COM, BONE – Dalam rangka Hari Kesaktian Pancasila, Personel Brimob Bone menggelar upacara di Aula Mako Batalyon C Pelopor Jalan M.H. Thamrin No. 70 Watampone, Sabtu (1/10/2022).

Upacara tersebut digelar secara virtual dengan mengikuti kegiatan yang dipusatkan di Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya Jakarta Timur yang dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Sat Brimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan, saat ditemui awak media mengatakan, kegiatan ini digelar berdasarkan Surat Telegram Kapolda Sulsel Nomor: ST/948/IX/HUM.1.1./2022 tanggal 30  September 2022 tentang pelaksanaan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Satuan masing-masing.

Baca Juga  Makassar Kondusif, Brimob Bone "Balik Kandang"

“Walaupun digelar secara virtual, namun kegiatan ini tetap berjalan dengan hikmat dan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak,” ujar Danyon Nur Ichsan.

Lanjut kata Ichsan, Hari Kesaktian Pancasila tidak lepas dari peristiwa Gerakan 30 September 1965 yang lalu, dimana tragedi tersebut  masih menjadi duka mendalam bagi Bangsa Indonesia, sejumlah perwira tinggi militer diculik dan dibunuh. Tentunya semua ini dengan maksud ingin merubah ideologi Pancasila.

Baca Juga  Brimob Bone Sasar Pasar Ikan Bajoe, Apa Targetnya?

“Tanggal 1 Oktober 1965, Upaya untuk menumpas G30S/PKI dimulai. Satuan RPKAD dibawah pimpinan Kolonel Sarwo Edhi Wibowo bergerak untuk menumpas G30S/PKI tersebut dan akhirnya berhasil mempertahankan Ideologi Pancasila, olehnya itu setiap tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila,” jelasnya.

“Upacara yang digelar setiap tahun ini juga sebagai bentuk penghargaan atas gugurnya para Pahlawan Revolusi sekaligus untuk memupuk rasa Nasionalisme khususnya personel Brimob Bone,” pungkas mantan Kasubag Renmin Satbrimob Polda Sulsel ini. (Mimin)

Temukan Kami:
  • Bagikan