Ekobis  

Pelindo Jasa Maritim Ungkap Strategi untuk Layanan Marine

PT Pelindo Jasa Maritim, Subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) bersama anak usahanya menggelar Marine Business Forum 2022 untuk pengguna jasanya di Bali, belum lama ini. (Pelindo)

BONEPOS.COM, MAKASSAR – PT Pelindo Jasa Maritim, Subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) bersama anak usahanya menggelar Marine Business Forum 2022 untuk pengguna jasanya di Bali, belum lama ini.

Gelaran yang membahas berbagai hal strategis untuk layanan marine ini dihadiri oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha Tjahyagama dan Direktur Pengelola PT Pelabuhan Indonesia (Persero) selaku Holding, Putut Sri Muljanto, dan Direksi PT Pelindo Jasa Maritim dan anak usaha bidang marine yaitu PT Pelindo Marine Services dan PT Jasa Armada Indonesia Tbk. Pengguna jasa hadir semua di acara ini baik perusahaan pelayaran, pemilik kapal, pemilik TUKS (Terminal untuk Kepentingan Sendiri) maupun pengguna jasa pada pelabuhan kelolaan Pelindo sendiri.

Direktur Utama PT Pelindo Jasa Maritim, Prasetyadi mewakili SPJM Group menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pengguna jasa setia yang berkenan hadir di acara ini.

Baca Juga  Mengejutkan, Alasan Pemilik Ponpes di Sinjai Lirik Investasi Sapi Potong

“Tentu saja kami tidak ada artinya tanpa kehadiran pelanggan baik perusahaan pelayaran, pemilik kapal, pemilik TUKS, para Regional Head dan General Manager cabang kelolaan Pelindo di seluruh Indonesia yang senantiasa mendukung dan mempercayakan kapalnya untuk kami layani,” kata Prasetyadi.

Rangkaian perhelatan ini diisi dengan talkshow yang berisi paparan ahli dari Kementerian Perhubungan mengenai Regulasi dan Kebijakan Kementerian Perhubungan, serta peran kunci pelabuhan dalam rantai logistik.

Pakar Kementerian Perhubungan juga memaparkan perubahan di dunia kepelabuhanan yang ditandai dengan tiga tren. Pertama, konsolidasi pemain di dalam value chain, penggunaan teknologi smart port, dan perubahan struktur kapal dan infrastruktur. Ini semua berdampak dalam dinamika pemberian layanan marine yang diharapkan dapat mengimbangi tren tersebut.

Baca Juga  [Up Date] Berikut Rincian Realisasi Anggaran PEN, Simak Ulasannya

Sedangkan pakar dari Institut Sepuluh November (ITS) Surabaya, Raja Oloan Saut Gurning memaparkan isu-isu penting dalam layanan marine. Materi yang dibawakan dengan apik ini memberikan peserta forum pengetahuan penting tentang risiko global dan layanan marine.

Saut Gurning menyebutkan bahwa merger Pelindo memberikan dampak positif terhadap layanannya. Di penghujung paparannya, dia memberikan rekomendasi agar SPJM selaku subholding yang baru berdiri membentuk tim khusus serta mendorong inovasi dalam penyediaan jasa-jasanya di bidang marine.