Bone  

Kumpulkan 29 Kantong Darah, Aksi Kemanusiaan Gabungan Komunitas di Bone

Gabungan komunitas di Bone menggelar donor darah. (Ist)

BONEPOS.COM, BONE – Setetes darah yang kita donorkan bisa memberikan manfaat besar bagi orang yang membutuhkan.

Atas dasar itu, gabungan komunitas di Bone menggelar donor darah. Kegiatan itu dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 2022.

Manfaat donor darah ini langsung dirasakan dua keluarga pasien yang langsung datang ke lokasi.

Muh Musfir, penanggung jawab kegiatan donor darah menceritakan peristiwa yang cukup mengharukan.

Saat aksi donor darah Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2022, Minggu (13/11/2022), di UTD PMI Bone, terdapat keluarga pasien yang datang mencari delapan kantong darah B dan 2 kantong darah AB.

Namun, stok darah di PMI tidak mencukupi.

“Kebetulan di hari Minggu itu kami sedang donor darah dan golongan darah anggota komunitas ada yang cocok, jumlahnya pun mencukupi,” katanya via rilis, Sabtu (26/11/2022).

“Melihat peristiwa ini semua yang terlibat merasa senang karena darah yang mereka donorkan bisa menyelamatkan nyawa orang lain,” Musfir menambahkan.

Selepas donor darah, kegiatan dilanjutkan dengan menyambangi Taman Makam Pahlawan.

Di area pemakaman Bupati Bone Pertama. Komunitas melakukan tabur bunga dan berdoa bersama.

Sejalan dengan tema kegiatan ‘KITA adalah Pahlawan’, diharapkan spirit Hari Pahlawan dapat menjadi energi positif bagi semua yang terlibat untuk terus berjuang di jalur kemanusian.

Baca Juga  Gandeng Hotel, BWP Gelar Donor Darah

Donor darah massal yang merupakan Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) dengan Palang Merah Indonesia (PMI) ini telah memasuki tahun ketiga.

Kali ini diikuti 11 komunitas lintas hobi di Kabupaten Bone dan Soppeng. Mulai dari komunitas motor, suporter sepak bola, pecinta alam, hingga karang taruna.

Ada pun komunitas terlibat, yaitu Karang Taruna Desa Patampanua, Black X Community Bone, BVEC (Brigade Vega Club) Wajo, Byonic  Bone, JWC (Jupiter Wajo Club).

Mapala STKIP Bone, LMC (Lakumbla Motor Club), PA Mappesompae IAIN Bone, MXRC (MX RIDER Community), SSWC (Suzuki Satria Wajo Club), TOC (Tiger Owner Club), WBTC (Wajo Bessi Towa Community).

WNM (Watampone Neutral Motor), WVC (Watampone Vega Club), YKRS (Yamaha RX King) Sinjai, YVCI Bone, The Maczman Bone, dan CB Custom Bone.

Donor darah oleh komunitas motor, suporter sepak bola, dan pecinta alam digelar di UTD PMI Kab Bone.

Sementara Karang Taruna melaksanakan donor darah di Kantor Desa Patampanua Kecamatan Marioriawa Kab Soppeng.

Masyarakat umum juga ikut berpartisipasi dalam aksi ini.

Musfir mengatakan donor darah massal oleh Karang Taruna Patampanua digelar bertepatan dengan hari ulang tahun desa.

Baca Juga  Pusat Suntik Infrastruktur Bone Rp32 M, Suaedi: Kami Terus Kawal Kepentingan Masyarakat

Selain donor darah, Karang Taruna bersama masyarakat setempat juga melaksanakan bakti sosial dan kerja bakti membersihkan lingkungan desa.

Menurut Musfir antusiasme calon pendonor cukup tinggi, di dua lokasi tersebut jumlah pendaftar sebanyak 64 orang, namun karena sebagian calon pendonor tidak memenuhi syarat medis, hanya 29 orang yang berhasil diambil darahnya.

Dari total 29 kantong darah yang terkumpul, selanjutnya dikelola oleh PMI untuk memenuhi kebutuhan darah setempat.

Musfir menambahkan, ke depan, komunitas akan lebih gencar mensosialisasikan manfaat donor darah bagi kesehatan diri sendiri dan orang lain, sehingga jumlah partisipasi masyarakat dalam aksi sosial ini bisa terus bertambah pada tahun-tahun mendatang.

Sebanyak 750 komunitas di lebih dari 82 Kabupaten/Kota di 15 Provinsi Indonesia Timur tercatat ikut dalam program ‘Bakti Pemuda Setetes Darah Untuk Negeri 2022’.

Partisipan yang mendaftar sebanyak 5.894 dengan total darah terkumpul mencapai 3.803 kantong darah.

“Terima kasih kepada teman-teman komunitas yang begitu kompak dan cepat bergerak untuk menyukseskan kegiatan ini. Semoga apa yang kita lakukan bermanfaat dan semakin memperkuat solidaritas antara komunitas dan masyarakat,” tandas Musfir.