Tekno  

Patut Waspada, Berikut Penyebab Ponsel Bisa Meledak

Foto ilustrasi, penyebab ponsel terbakar saat dicas bisa terjadi karena panas yang berlebih pada perangkat. (Foto: iStock/gorodenkoff)

BONEPOS.COM, JAKARTA – Kamu mungkin bingung kenapa ponsel kamu bisa meledak tiba-tiba, kejadian tersebut bisa membuat bahaya diri kamu dan orang lain lho. Smartphone kini sudah menjadi benda yang paling penting dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Bagaimana tidak dijaman yang serba modern dan digital semua dilakukan dengan satu genggaman. Banyak orang yang lebih memilih ketinggalan dompet daripada ponsel. hal ini menunjukan adanya ketergantungan terhadap ponsel.

Akibat sering digunakan ponsel bisa kapan saja meledak karena terlalu ekstrem jika digunakan terus menerus alias tidak istirahat. Seperti manusia, jika tidak istirahat maka kita akan sakit dan tumbang, begitupula dengan ponsel dia bisa meledak kapan saja jika sudah waktunya.

Beragam penyebab ponsel bisa terbakar atau meledak, seperti korsleting atau adanya kesalahan saat pengisian daya. Salah satunya adalah panas yang berlebihan pada bagian ponsel.

Baca Juga  Ingin Keluar dari Group WhatsApp Secara Diam-diam?, Ikuti Langkah Berikut

Jika kamu mendengar suara desis atau letupan dari ponsel, mencium bau bahan kimia yang terbakar, mungkin ponsel kamu mengalami kerusakan dan bisa memicu ledakan.

Berikut Selular.ID sudah rangkum buat kamu yang dikutip dari inet.detik.com, Ahad (27/11/2022) yakni, 4 faktor penyebab ponsel bisa meledak.

1. Tidak Pakai Charger Sesuai

Tegangan yang dibutuhkan untuk mengisi daya HP berbeda-beda, karena itu disarankan untuk memakai charger dari pabrikan ponsel. jika kamu memakai Samsung, pakai charger dari Samsung. Kalau kamu memakai iPhone, gunakan charger resmi dari Apple Store.

Baca Juga  Tips Jitu Mengatasi 'Ruang Penyimpanan Penuh' di Android

2. Pakai Kabel yang Sudah Tak Layak

Punya charger, kabelnya harus dirawat dengan baik. Kabel yang rusak bisa menyebabkan HP terbakar dan meledak.

3. Menutupi HP Saat Dicas

Meski terdengan konyol, menutup HP ketika sedang di-cas (misalnya dengan selimut atau ditaruh di bawah bantal) bisa menyebabkan HP overheat. HP kelewat panas bisa berbahaya, bisa menimbulkan HP meledak dan mengeluarkan api.

4. Membawa HP ke Suhu yang Ekstrem

Sekarang sudah tahu kan kalau HP musuhnya adalah cuaca panas. Tapi bagaimana dengan cuaca dingin? Pada dasarnya HP optimal di suhu 0-35 derajat Celsius. Kalau sering memaparkan HP dengan suhu ekstrem, baterai ponsel bisa rusak dan menimbulkan bahaya jangka panjang.