News  

IDCamp 2023, Buah Kolaborasi IOH dengan KADIN Penuhi Kebutuhan Talenta Digital Indonesia

Foto: Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) bersama Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait potensi penyelenggaraan Program Pemberdayaan Talenta Digital Indonesia Masa Depan dalam bidang pendidikan digital lewat IDCamp X KADIN 2023. (IOH)

BONEPOS.COM, JAKARTA – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) bersama Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait potensi penyelenggaraan Program Pemberdayaan Talenta Digital Indonesia Masa Depan dalam bidang pendidikan digital lewat IDCamp X KADIN 2023.

Program yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan talenta digital Indonesia ini, akan menyelenggarakan roadshow, bootcamp pelatihan teknologi, hingga penyediaan lapangan kerja yang berlangsung di beberapa kota di Indonesia pada tahun 2023.

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, mengatakan, “Kami senang bisa bekerjasama dengan KADIN untuk mendukung Indonesia menjadi pusat kekuatan talenta digital di Asia Pasifik, lewat IDCamp X KADIN 2023. Berdasarkan sejumlah riset[1], industri digital di Indonesia membutuhkan setidaknya 17 juta talenta-talenta baru yang siap ditempatkan di industri. Kami yakin inisiatif ini bisa menjadi jawaban atas kebutuhan tersebut.”

Baca Juga  Asrama Haji Jadi Tempat Isolasi, Ketua Satgas Bilang Begini

Program IDCamp X KADIN 2023 akan melakukan roadshow dan pelatihan secara offline di Solo, Medan, dan Makassar. Setelah itu, para peserta dapat mendaftarkan diri ke IDCamp dan 1000 peserta terpilih akan mendapat pelatihan online tingkat pemula untuk Android, Front End Web, dan Back End Web. Sasaran utama dari kegiatan ini adalah para mahasiswa serta para pencari kerja muda.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia, Arsjad Rasjid, menyatakan, “Kami menyambut baik kerja sama KADIN dan IOH yang kami yakini bisa membantu misi pemerintah untuk mengisi celah ketersediaan talenta digital yang mumpuni. Sebab, transformasi digital telah membawa perubahan komposisi ketersediaan dan kebutuhan lapangan kerja ke depan. Tantangan inilah yang kami jawab lewat rangkaian program IDCamp X KADIN 2023.”

Baca Juga  Luwu Diterjang Banjir Bandang dan Longsor, Tiga Orang Dalam Pencarian

Setelah mendapat pelatihan pemula, IOH dan KADIN akan menyeleksi 300 peserta untuk mendapatkan pelatihan tingkat menengah. Setelah lulus pelatihan menengah, alumni IDCamp X KADIN 2023 akan mendapat sertifikat, masuk ke platform alumni IDCamp dan KADIN Talent Hub. Program alumni IDCamp dan KADIN Talent Hub akan memberikan informasi lowongan kerja, penawaran pelatihan, dan program karir lain yang sesuai dengan keahlian para alumni. Sejak awal penyelenggaraan IDCamp pada 2019 hingga 2022, terdapat 182.513 penerima manfaat program ini. (IOH)