Bone  

Peringati Hari Anti Korupsi, Inspektorat Bone Gelar Larwasda

Bupati Bone bersama unsur Forkopimda dan seluruh tamu undangan dalam kegiatan Larwasda. (Dok. Bonepos)

BONEPOS.COM, BONE – Inspektorat Daerah Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan menggelar Pengawasan Daerah (Larwasda) dan dirangkaikan dengan peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia digelar di salah satu hotel di Jalan Langsat, kota Watampone, Kamis (1/12/2022).

Kegiatan tersebut mengangkat tema: “Sinergitas Dalam Penguatan Peran Quality Ansurance APIP Melalui Penyelesaian Tindak Lanjut Berkualitas Dalam Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Bersih”.

Kepala Inspektorat Daerah Kabupaten Bone, Andi Muhammad Yamin Tahir dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan Larwasda bertujuan  untuk mendorong terwujudnya koordinasi aparat pengawasan fungsional pemerintah dengan unsur penyelenggara pemerintahan lainnya.

“Meningkatkan peran dan fungsi APIP dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, mendorong terciptanya pemerintahan yang berkualitas dan bersih,” tuturnya.

Dalam kegiatan ini, lanjut dia, sekaligus memberikan apresiasi sebagai penghargaan terhadap beberapa OPD, camat dan desa serta kelurahan yang telah melaksanakan penyelesaian tindak lanjut tercepat dari hasil pengawasan.

Baca Juga  Eratkan Rasa kekeluargaan, Danny Pomanto Rangkul OPD Lewat Family Gathering

Bupati Bone, Dr. H. A. Fahsar M. Padjalangi yang membuka kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan ini sangat penting sebagai upaya Pemerintah Daerah dalam menciptakan pemerintahan yang bersih, transparan dan akuntabel.

“ini diharapkan menjadi alat bantu bagi para stakeholder Pemda agar tetap berada pada alur pencapaian visi dan misi daerah sesuai dengan tema diambil pada kegiatan ini,” ucap Andi Fahsar.

Ia berharap kehadiran kepala BPK dan rombongan menjadi spirit, sehingga kesalahan yang terjadi dalam pengelolaan keuangan yang berpotensi merugikan negara dapat dicegah, karena sehebat apapun penghargaan yang kita raih.

“Semua itu tidak punya arti bila kita tersandung korupsi, itulah sebabnya Inspektur menggelar Larwasda,” katanya.

Kegiatan ini juga dirangkaikan pemberian penghargaan penyelesaian tindak lanjut tercepat untuk pemeriksaan TA. 2021.

Baca Juga  Bupati Fahsar Ingatkan Ketua DPRD Bone Jaga Amanah Masyarakat

Penghargaan teraebut terbagi dalam tiga kategori diantaranya, kategori SKPD, kategori kecamatan dan kategori Desa.

Kategori OPD: Sekretariat Daerah Kabupaten Bone, Bappeda, Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Satu Atap, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas BMCKTR, Dinas Peternakan, Dinas Capil,  Satpol PP dan Sekretariat DPRD Bone.

Kategori Kecamatan: Kajuara, Mare, Bontocani , Ulaweng, Amali, Lamuru, Sibulue, Salomekko Barebbo, Palakka, Tellu Suattingge dan Cenrana.

Kategori Desa: Bulu Tanah, Arallae, Lappa Bosse, Mattampa Walie, Tondong, Mattampa Bulu, Polewali, Masago, Mario, Awangcenrana, Uloe dan Kampoti.

Turut hadir dalam kegiatan ini kepala BPK perwakilan Provinsi Sulsel, kepala Inspektorat Provinsi Sulsel, KORWAS P3A BPKP Provinsi Sulsel dan unsur Forkopimda diantaranyaz Ketua DPRD Bone, Kapolres Bone, Kasdim 1407 Tauwarani Bone, KASI PIDSUS KEJARI Bone. (Abdul Muhaimin)