Bone  

Pemkab Bone Terapkan UHC 2023, Dewan Ingatkan Soal Ini

Wakil Sekertaris Komisi IV DPRD Bone Andi Akhiruddin. (Ist)

BONEPOS.COM, BONE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Sulawesi Selatan akan mengupayakan penerapan sistem Universal Health Coverage (UHC) pada tahun 2023 mendatang.

Sekretaris Daerah Bone Andi Islamuddin menuturkan Pemda saat ini akan mencoba mengambil langkah kongkret dan akan memanggil dinas-dinas terkait.

“Tadi sudah ada dua dinas kami panggil yakni Dinas Kesehatan dan Dinas PMD,” sebutnya, Jum’at (2/12/2022).

Lebih lanjut Sekda mengatakan selain itu pihaknya akan memanggil dinas lainnya seperti Dinas Sosial dan Dinas Kependudukan Catatan Sipil untuk mengetahui data valid yang ada di 362 Desa se Kabupaten Bone.

Baca Juga  Pemkab Bone Bimtek Penyusunan Peta Proses Bisnis di Makassar, Ini Pentingnya

“Kami juga sudah melihat gambaran bagaimana kemampuan viksal APBD kita di Dinas Keuangan Kabupaten Bone. Insya Allah dengan intruksi Bupati di 2023 Bone akan UHC,” jelas Andi Islamuddin.

Jadi dengan diterapakannya sistem UHC, kata Sekda, ketika ada warga yang mau berobat tinggal memperlihatkan KTP dan akan terlayani.

“Saat ini juga kami berupaya untuk memanilisir anggaran penerapan UHC yang berjumlah senilai Rp127 milyar,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Komisi IV DPRD Bone Andi Akhiruddin mengingatkan syahwat Pemda untuk mencapai UHC tahun 2023 tidak berimplikasi negatif ke postur APBD.

Baca Juga  Santunan ARIP, Ringankan Beban Korban Kebakaran di Tellusiattinge Bone

“Apalagi untuk mencapai UHC membutuhkan anggaran kurang Rp150 milyar,” terangnya, Sabtu, (3/12/2022).

Politisi Muda PDI Perjuangan ini berharap agar Pemda menyiapkan strategi dan skema anggaran yang betul-betul baik, termasuk melakukan upaya peralihan beban APBD ke APBN terlebih dahulu.

“Karena ada kekhawatiran ketika Pemda sudah melakukan penganggaran dan mencakup semuanya sudah tidak ada lagi,” kuncinya. (Abdul Muhaimin)