Van Gaal Sesumbar Belanda Tumbangkan Argentina di Perempatfinal Piala Dunia 2022

Louis van Gaal yakin Belanda berpeluang juara Piala Dunia 2022 (Corbis via Getty Images/Stefan Matzke - sampics)

BONEPOS.COM, DOHA  – Louis van Gaal senang melihat performa Belanda di Piala Dunia 2022. Dia yakin De Oranje berpeluang jadi juara.

Belanda kembali lagi ke Piala Dunia setelah sempat absen di 2018, yang merupakan titik nadir di persepakbolaan negara itu. Apalagi dua tahun sebelumnya, Belanda juga gagal lolos ke Euro 2016.

Setelah cuma sampai 16 besar Euro 2020, Belanda kemudian menunjuk Louis van Gaal sebagai pelatih. Posisinya Belanda saat itu tengah terjepit di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Kedatangan Van Gaal mengubah segalanya dan Belanda berhasil lolos ke Qatar sebagai juara grup kualifikasi. Bergabung di Grup A bareng Qatar, Senegal, dan Ekuador, Belanda keluar sebagai juara grup.

Baca Juga  Tri dan IM3 Bikin Puas Pelanggan Nonton Piala Dunia 2022, Begini Caranya

Meski dengan penampilan yang dinilai membosankan, Belanda mengalahkan Senegal serta Qatar dan berimbang dengan Ekuador.

Lalu di Babak 16 Besar, Belanda melibas Amerika Serikat dengan skor 3-1 di Khalifa International Stadium, Sabtu (3/12/2022) malam WIB untuk bertemu Argentina di perempatfinal.

Tugas berat sudah menanti Singa Oranye karena lawan yang dihadapi adalah kandidat kuat juara Piala Dunia 2022. Tapi, bukan berarti Belanda harus gentar dengan kekuatan Argentina.

Sebab, Van Gaal yakin Belanda kini lebih solid dan bahkan dia optimistis terkait peluang timnya jadi juara, apabila melewati Argentina.

Baca Juga  Dituding Tak Perawan, SA Atlet Senam Dipulangkan dari SEA Games 2019

“Saya rasa kami punya peluang besar jadi juara di sini. Kami masih punya tiga laga. Saya sudah bicarakan ini selama setahun. Kami bisa jadi juara dunia kok, bukan berarti pasti juara, tapi kami bisa,” ujar Louis van Gaal seperti dikutip Guardian dilansir dari detiksport, Ahad (4/12/2022)

“Saya bicara soal bagaimana ikatan emosional di antara pemain, bagaimana kami bisa membangun tim terkuat dan saya mendapatkan kepuasan dari para pemain, selain tentunya penampilan dan hasil.”