Stadion Gelora BJ Habibie Akan Direnovasi Gunakan Dana ABPN

Stadion Gelora BJ Habibie Parepare (Instagram @taufanpawe)

BONEPOS.COM, PAREPARE – Stadion Gelora BJ Habibie (GBH) Parepare masuk dalam skala prioritas renovasi. Pembenahannya akan diambil alih oleh Kementerian PUPR dengan menggunakan anggaran dari APBN.

Hal itu diungkapkan langsung Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Parepare, Rahmat Sjamsu Alam.

Pihaknya menjelaskan, anggaran renovasi stadion dari APBD tahun 2024 telah dialihkan karena anggaran yang digunakan dari pusat

”Tempo hari pak wali minta supaya APBD untuk stadion dihapuskan, karena ada anggaran APBN. Jadi nanti kalau tidak lolos verifikasi, maka yang turun tangan biayai stadion itu dari Kementrian PUPR,” jelasnya, Senin (5/12/2022).

Rahmat Sjamsu Alam mengatakan anggaran yang direncanakan di RAPB D 2023 telah dialihkan untuk diperuntukan rehabilitas jalan yang ada di kawasan Stadion GBH.

Baca Juga  Rapat Tertutup, Taufan Pawe Temui Wakapolda Sulsel, Ada Apa?

”Kemarin kan ada anggaran Rp2 miliar dari APBD untuk single seat. Tetapi dalam pembahasan APBD itu dihapuskan, lalu dialihkan untuk pembenahan jalan di kawasan Stadion,” katanya.

Lebih jauh, Legislator Demokrat mengatakan, tim dari Kementrian PUPR telah tiga kali datang melakukan peninjauan. Sehingga, jika mereka akan kembali datang, maka kemungkinan agendanya untuk penentuan nominal dengan pembenahan yang perlu dibenahi.

”Kan mereka sudah tiga kali datang untuk meninjau langsung. Kalau mereka datang lagi berarti soal finalisasi nominal pembiayaan. Jadi GBH ini masuk prioritas,” ucapnya.

Meski begitu, stadion GBH tidak akan dibongkar secara total karena hanya masuk dalam kategori renovasi sedang. Sehingga item yang dibenahi dinilai tidak akan sampai pada pembongkaran total.

”Renovasinya nanti masuk kategori sedang, jadi tidak dibongkar total. Kalau itemnya nanti tergantung dengan hasil audit dari PUPR,” jelasnya.

Baca Juga  Dukungan Mengalir untuk PSM Berkandang di Parepare, TP Siap Total

Sementara Plt Kepala Dinas PUPR Parepare, Samsuddin Taha mengakui anggaran single seat dialihkan untuk perbaikan jalanan di sekitar Stadion GBH.

”Iya, anggarannya dialihkan untuk pelebaran jalan. Itu mulai dari Jalan Samsu Alam Bulu sampai ke GOR, yang depan stadion itu. Jadi mulai dari Pertigaan Jalan Samsu Alam Bulu-Gelora Mandiri,” katanya.

Rencananya, anggaran tersebut digunakan untuk renovasi jalan sepanjang 400 meter. Luasnya direncakanan 9 meter.

”Panjangnya sekitar 400 meter lah. Nanti dilebarkan menjdi 9 meter. Anggarannya sudah masuk, nanti awal Januari lelang,” jelasny.

“Jadi Februari atau Maret dikerjakan. Target penuntasannya biasa 6 bulan, karena ada beberapa ruas yang bertemu,” pungkasnya. (Husnil M)