BONEPOS.COM, BONE – Himpunan mahasiswa Jurusan (HMJ) Peternakan Politeknik Pembangunan pertanian (polbangtan) Gowa melalui Bidang Pemberdayaan Masyarakat melakukan kegiatan desa binaan dan dirangkaian dengan Kemah Bakti, di Desa Lakukang, Kecamatan Mare, Kabupaten Bone mulai Selasa hingga Kamis (20-22/12/2022).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh kepala desa Lakukang Andi Fitriani pada Selasa 20 Desember 2022, di gedung aula Desa Lakukang.

Kegiatan ini mengangkat tema¬† “Satukan Langkah Kecil Wujudkan Masyarakat Cerdas”.

Ketua HMJ Peternakan, Dian Hidayat menerangkan kegiatan ini merupakan wujud pengabdian sebagai mahasiswa yang berperan sebagai agen perubahan.

“Kami meyakini bahwa kegiatan seperti ini akan memberikan dampak positif kepada masyarakat¬† dan tentunya bermanfaat kepada kami sebagai mahasiswa,” ujarnya, Sabtu (24/12/2022) melalui pesan instan.

Dian melanjutkan, program ini ditargetkan berjalan selama tiga tahun di Desa Lakukang. Konsepnya membina sumber daya manusia di pedesaan dengan pendekatan
pendidikan.

Sementara, ketua panitia penyelenggara, Anwar menyampaukan insedental kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dimulai tanggal 20 sampai dengan tanggal 22 Desember 2022,” imbuhnya.

Selama empat hari itu, kata Anwar, pihaknya meramu empat rangkaian program yaitu, pertama menggali potensi yang dimiliki masyarakat Desa Lakukang, memberikan sosialisasi program YESS Kementan.

“Kemudian nanti pada hari kedua dilakukan dialog serta kajian dan penanaman pohon pada hari terakhir,” ujar Anwar.

Kepala Desa Lakukang Andi Fittiani mengucapkan terima kasih karena telah memilih Desa Lakukang sebagai desa binaan.

“Kami berharap kepada teman – teman mahasiswa, bisa membawa perubahan di desa kami,” kata Kades Lakukang.

Hal senada disampaikan oleh koordinator BPP kecamatan Mare. Ia berharap kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut karena petani di Desa Lakukang memang sangat membutuhkan pembinaan atau pendampingan baik itu di sektor peternakan maupun di sektor pertanian yang bisa mengubah pola pikir masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut koordinator BPP kecamatan mare, Passamula, Babinkamtibmas Andi Sudirman, Ketua BPD Andi Ahmad Pt.Lolo, serta perangkat Desa Lakukang dan tokoh-tokoh masyarakat. (Abdul Muhaimin)