BONEPOS.COM, BULUKUMBA — Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf meresmikan Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) melalui program Kota Tanpa Kumuh atau Kotaku di Lingkungan Teko, Kelurahan Tanah Kongkong, Kecamatan Ujung Bulu, Selasa, (27/12/2022).

Ia meminta warga untuk menjaga keindahan Taman Teko tersebut.

Ketua LPM Kelurahan Tanah Kongkong, Sahiruddin menyampaikan terima kasih kepada Bupati-Wabup yang telah memprioritaskan kawasan kumuh Teko ini, mendapat perhatian, sehingga lahir kebijakan Kementerian PUPR sebesar Rp750 juta.

“Yang tadinya terlihat sangat kumuh. Alhamdulillah sekarang, Teko begitu elok dipandang mata,” kata Sahiruddin dalam laporannya, disambut tepuk tangan.

Ia menjelaskan, dalam program Kotaku ini ada beberapa item kegiatan, diantaranya pemasangan paving blok K300 sekira 345 meter, revitalisasi drainase dan pemasangan drainase pracetak sepanjang 86 meter.

Selain itu ada Ruang Terbuka Publik (RTP) diberi nama Taman Teko sepanjang 61 meter, hingga pengadaan kontainer sampah.

“Hal menarik dari program Kotaku di Tanah Kongkong ini, karena kolaborasi keterlibatan pihak perbankan. Seperti BNI menyumbang pot, Bank Sulsel pasang tong sampah, BRI untuk pintu gerbang,” ujarnya.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulsel yang diwakili oleh Kasi Pelaksanaan Suryanti Adnan menyampaikan bahwa kegiatan IBM Kotaku oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya menginiasi percepatan pengurangan luasan permukiman kumuh, membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin (MBR) di lokasi permukiman kumuh dengan pelibatan sebagai tenaga kerja dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur.

Suryanti menerangkan, pelaksanaan IBM termasuk Kotaku TA 2022 melalui Keputusan Menteri PUPR Nomor 347/Kpts/M/2022 tentang penetapan lokasi IBM Tahun Anggaran 2022, di mana secara nasional kegiatan Kotaku dilaksanakan di 22 Provinsi tersebar di 265 Kelurahan/Desa.

“Khusus Sulsel tersebar di 21 Kelurahan di 12 Kabupaten/Kota. Termasuk, salah satunya Kelurahan Tanah Kongkong di Kabupaten Bulukumba,” jelasnya.

Ia mengemukakan, adapun tujuan kegiatan Kotaku adalah melakukan peningkatan kualitas infrastruktur melalui perbaikan dan/atau pembangunan infrastruktur perumahan dan permukiman untuk mengembalikan fungsi sebagaimana semula dengan pendekatan partisipatif.

“Selanjutnya, memberikan kontribusi terhadap pengurangan luasan kumuh melalui pembangunan infrastruktur yang dipilih berdasarkan skala prioritas penanganan kumuh pada lokasi sasaran,” jelas Suryanti.

Suryanti menyampaikan, satu-satunya kelurahan yang melaksanakan kegiatan pembangunan Ruang Terbuka Publik atau Taman ini, hanya di Kelurahan Tanah Kongkong.

“Oleh karena itu, mari kita manfaatkan, rawat dan jaga bersama agar apa yang telah kita bangun bersama-sama ini dapat dimanfaatkan anak-anak kita dan orang banyak,” imbuhnya.

Legislator Partai Gerindra Bulukumba, H Patudangi Azis hadir mewakili Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras. Ia menyebut, meski Andi Iwan Darmawan Aras tak hadir dalam peresmian program Kotaku ini, namun namanya selalu ada di hati.

“Insya Allah Pak Andi Iwan Darmawan Aras akan terus memperjuangkan Bulukumba jadi prioritas di pusat,” ujar Patudangi.

Wakil Ketua DPRD Bulukumba ini menerangkan bahwa anggaran perencanaan program Kotaku tahun 2023 mendatang, sebesar Rp150 juta.

“Kita di DPRD sudah anggarkan. Sehingga kita harap anggaran pusat nanti bisa lebih besar,” jelas Patudangi.

Ketua Tim Pemenangan Andi Utta-Andi Edy Manaf ini, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung dan mengawal program Bupati, khususnya pada kegiatan-kegiatan pengurangan lokasi kumuh.

“Saya kira kalau masyarakat kreatif, Pak Camat bersama Pak Lurah melakukan pembinaan, maka tempat ini (Taman Teko) bisa jadi lokasi kegiatan-kegiatan kreatif,” kata Patudangi.

Sementara itu, Bupati Andi Muchtar Ali Yusuf terlebih dahulu menyampaikan penghormatan dan apresiasi kepada Pemerintah Pusat dan Wakil Ketua Komisi V DPR RI tersebut.

“Penghormatan kepada saudaraku Pak Andi Iwan Darmawan Aras. Beliau sempat berkunjung kemarin, sekalipun hari ini diwakili. Terimakasih telah memberi program dan kontribusi besar di Bulukumba,” ungkapnya.

Bupati yang akrab disapa Andi Utta, mengucapkan selamat kepada LPM Tanah Kongkong telah mengerjakan program Kotaku dengan baik dan indah. Ia meminta agar Taman Teko ini, dirawat baik-baik.

“Jangan hari ini aja keliatan bersih, tapi harus dijaga keindahan dan kenyamanannya,” pintanya.

Turut hadir dalam kegiatan peresmian Taman Teko tersebut, Wakil Bupati Andi Edy Manaf serta para pimpinan Bank dan Baznas Bulukumba. (Ian)