BONEPOS.COM, BULUKUMBA – Satu lagi ruang publik di kota Bulukumba menjadi tempat nongkrong bagi warga Bulukumba maupun pengunjung dari luar. Tempat itu adalah kawasan pantai Merpati yang saat ini tengah diselesaikan.

Dulunya kumuh dan boleh dikatakan menjadi kawasan yang terabaikan. Saat itu, hanya ada aktifitas nelayan dan petani rumput laut saja, bahkan lokasi tersebut kerap menjadi lokasi pembuangan sampah.

Kini dengan berjalannya waktu kawasan Pantai Merpati bertransformasi menjadi area yang digandrungi masyarakat khususnya untuk menikmati senja di sore hari.

Senja itu membayangi bibir Pantai Merpati Kabupaten Bulukumba yang sudah nampak rampung dan merupakan salah satu visi misi Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf dan Wakil Bupati Andi Edy Manaf untuk menata kawasan pesisir pantai dalam program upaya pencegahan dan penanggulangan kawasan kumuh di perkotaan.

Masyarakat sangat antusias dengan berbondong-bondong menyaksikan kehadiran senja, atau datang sekadar berjalan santai sembari menikmati kuliner di pesisir pantai itu. Tempat ini juga sudah menjadi tempat jogging pagi maupun sore hari.

Akhirnya Pantai Merpati Kabupaten Bulukumba sudah mulai dilirik oleh pengunjung. Nampak ramai di sepanjang kawasan pantai itu. Menurut salah satu pengunjung, ia sangat terpesona melihat penataan kawasan Pantai Merpati.

“Saya sangat salut dengan terobosan Pemerintah Dearah Bulukumba khususnya ide brilian bupati dan wakil bupati serta dinas yang menangani pekerjaan ini karena Pantai Merpati yang semula hanya kawasan kumuh dan tak terawat, kini menjadi objek wisata yang dapat saya nikmati dan masyakarakat Bulukumba dan juga di luar Bulukumba,” kata Farid, salah satu pengunjung.

Penataan kawasan Pantai Merpati, didesain menjadi kawasan multifungsi sebagai taman, sarana olahraga dan kawasan kuliner. Kemudian menjadi wadah berkolaborasi dengan seniman, pelaku UMKM dan masyarakat pesisir agar mendapatkan ruang yang layak dan tepat sasaran.

Menurut penuturan Sarif selaku pengawas, Pantai Merpati ramai di datangi pengunjung seusai tahun baru.

“Pengunjung datang beramai-ramai seusai tahun baru, meski sebelumnya sudah mulai didatangi pengunjung dan akan jadi ikon baru di Bulukumba untuk mendongkrak PAD dan membuka lahan pekerjaan untuk masyarakat Bulukumba dan sekitarnya,” katanya.

Kabid Humas Diskominfo Bulukumba, Andi Ayatullah Ahmad mengatakan, penataan kawasan Pantai Merpati merupakan komitmen pemerintah saat ini sebagai salah satu upaya meningkatkan ekonomi kerakyatan.

“Di sana akan menjadi tempat wisata, olahraga dan kegiatan ekonomi kerakyatan, saya yakin kawasan ini tempat berkumpulnya semua elemen masyarakat seni, pelaku ekonomi, olahraga, bahkan akan jadi ikon baru Bulukumba,” terangnya.

Sebelumnya Bupati Andi Muchtar Ali Yusuf mengutarakan bahwa di kawasan ini nantinya akan dibuatkan ruang bagi seniman atau sanggar seni untuk menampilkan karyanya yang bisa dinikmati warga dan pengunjung, terutama di akhir pekan.(ian)