BONEPOS.COM, JAKARTA – Setelah Dewan Pengurus Daerah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provisinsi Aceh, Provinsi Sukawesi Barat (Sulbar) dan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), kini digiliran DPW PKS Papua Barat, Papua Barat Daya dan DPW Lampung juga merekomendasikan nama Andi Amran Sulaiman sebagai sosok yang paling cocok mendampingi Anies Baswedan di kontestasi Pilpres 2024 mendatang.

Menurut Ketua DPW PKS Papua Barat, Mugiyono, dalam surat yang telah dilayangkan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) beberapa waktu lalu, nama-nama yang dinilai pas mendampingi Anies antara lain satu berasal dari internal partai dan satu lagi berasal dari eksternal.

“Nah tokoh dari eksternal partai ini kami usulkan nama mantan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman”, ujarnya, Rabu (22/3).

Mugiyono menilai sosok Andi Amran merupakan tokoh nasional yang telah menunjukkan prestasinya saat memimpin Kementerian Pertanian (Kementan).

“Beliau juga seorang pengusaha sukses. Jadi dari segi finansial tidak ada masalah. Dan yang lebih penting, Pak Amran ini telah menjadi tokoh yang merepresentasikan Indonesia Timur setelah Pak JK”, imbuhnya.

Lebih jauh, dia berharap memang ada wakil Indonesia Timur yang masuk dalam kepemimpinan nasional. “Dan Pak Amran cocok untuk itu”, katanya.

Hal senada dikatakan oleh Ketua DPW PKS Papua Barat Daya, Syaiful Malik Karim yang mengatakan DPW PKS Papua Barat Daya berpegang pada hasil Musyawarah Nasional (Munas) PKS lalu yang merekomendasikan dua nama yakni kader PKS Ahmad Heryawan dan tokoh luar partai Andi Amran Sulaiman.

Menurutnya, dalam kontestasi Pilpres, geopolitik kewilayahan masih sangat berpengaruh dalam meraih kemenangan.

“Di sana Pak Amran sangat cocok karena memang telah menjadi representasi Indonesia Timur”, lanjutnya.

Dia juga menegaskan dalam beberapa ajang Pilpres sebelumnya, Indonesia Timur menjadi basis suara yang sangat penting dalam menentukan kemenangan para capres dan cawapres.

“Karena itu, bagaining Pak Amran sangat kuat dan bisa memjadi pertimbangan DPP dalam memutus siapa yang layak mendampingi Pak Anies”, tandasnya.

Sementara itu, Ketua DPW PKS Lampung Ahmad Mufti Salim mengatakan bila terkait siapa sosok yang bakal mendampingi Anies, pihaknya menyerahkan sepenuhnya ke DPP PKS.

“Namun bila diminta usulan, kami pikir sosok seperti Erick Tohir dan Andi Amran Sulaiman menjadi sosok yang pas”, katanya.

Ahmad Mufti menambahkan bahwa hal yang patut dipertimbangkan dalam menentukan siapa sosok yang cocok mendampingin Anies adalah sosok yang punya potensi besar dalam meraup suara serta basis teritorial mengingat wilayah Indonesia demikian luas dan memiliki keberagaman suku dan etnis.

“Nah untuk wilayah Indonesia tengah dan timur, saya kita Pak Amran cukup merepresentasi hal tersebut. Apalagi beliau memang merupakan tokoh nasional dan pernah menjabat menteri yang selalu turun ke lapangan. Jadi sudah sangat paham dan mengenal kondisi teritorial ini”, katanya.

Ahmad Mufti juga menekankan persolaan chemestry yang cocok antara pasangan ini mengingat persoalan kebangsaan kita ke depan akan semakin dinamis.

“Karena pemilihan ini merupakan satu paket, jadi sangat dibutuhkan kemampuan sinergi yang kuat, apik dan chemestry yang nyambung”, pungkasnya. (*)