BONEPOS.COM, BONE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, menetapkan sebanyak 593.590 pemilih yang masuk dalam daftar pemilih sementara (DPS) pada Pemilu 2024.

Komisioner KPU Bone Divisi Perencanaan Data dan Informasi A. Mappaningsong mengatakan DPS tersebut tersebar di 2.268 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 27 Kecamatan dan 372 Desa dan Kelurahan.

“Daftar Pemilih Sementara Bone sebanyak 593. 590,” kata Mappaningsong.

Dari 593. 590 pemilih tesebut, lanjut Mappaningsong, yakni terdiri dari 284.642 laki-laki, 308.948 perempuan. Data tersebut merupakan hasil dari pencocokan dan penelitian (coklit) oleh anggota Pantarlih.

Meski demikian, data tersebut belum bersifat final karena masih ada tahapan menerima masukan dan tanggapan dari masyarakat terkait hasil rapat pleno penetapan DPS.

Sementara itu Komisioner KPU Bone Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia Harmita menambahkan hasil DPS nantinya bakal disebarluaskan ke masyarakat.

“Dengan diumumkan ke masyarakat dengan cara mencetak dan menyebarkan data ke tempat-tempat umum, agar masyarakat bisa mengecek dan memastikan kembali apakah telah terdaftar sebagai pemilih atau belum,” katanya.

Sebelumnya, KPU Kabupaten Bone telah melakukan Rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan daftar pemilih sementara (DPS) tingkat Kabupaten di Hotel Novena Watampone, Jalan Ahmad Yani, Kota Watampone, Rabu (5/4/2023).

Rapat pleno yang dibuka langsung oleh Ketua KPU Bone Izharul Haq dihadiri anggota Komisioner KPU Bone. Serta diawasi langsung pimpinan Bawaslu Bone, dan partai politik di Kabupaten Bone. (*)