BONEPOS.COM, BULUKUMBA — Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf memberikan atensi terhadap tingkat partisipasi pemilih.

Dari pengalaman dua pesta demokrasi sebelumnya, tingkat partisipasi pemilih belum ada yang mencapai 80 persen, dimana pada Pemilu 2019 hanya sebesar 72,78 persen, sementara Pilkada 2020 meningkat 2 digit sebesar 74,25 persen.

Dari data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulukumba, Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) sebesar 341.299 orang.

DPSHP ini akan ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada bulan Juni 2023 mendatang.

Andi Utta sapaan akrab Bupati Bulukumba berharap pada Pemilu 2024 mendatang tingkat partisipasi pemilih Kabupaten Bulukumba dapat lebih meningkat lagi, bahkan ia menargetkan mencapai 90 persen plus.

Untuk mencapai tingkat partisipasi itu, harus ada keterlibatan seluruh komponen. Khusus untuk jajaran birokrasi pemerintahan, Andi Utta meminta aparatnya untuk memberikan edukasi atau penyadaran kepada masyarakat akan pentingnya partisipasi pemilih.

Sekaitan dengan itu, Andi Utta berharap seluruh jajarannya mulai dari tingkat desa kelurahan, kecamatan sampai tingkat kabupaten untuk mensosialisasikan dan mengedukasi warga untuk datang memilih pada Pemilu mendatang.

“Ini harus kita maksimalkan, bagaimana partisipasi pemilih di Pemilu mendatang bisa mencapai 90 persen plus,” ungkapnya.

Selain itu, ia meminta tingkat keakuratan data pemilih semakin baik, sehingga pihak Dinas Dukcapil harus lebih intens koordinasi dengan pihak KPU.

Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bulukumba Andi Muhammad Asbar mengapresiasi langkah Bupati Bulukumba untuk meningkatkan partisipasi pemilih melalui instrumen pemerintah daerah.

Menurutnya, hal tersebut merupakan suatu terobosan mengingat selama ini KPU bersama stakeholder lainnya belum maksimal melakukan gerakan untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

“Saya kira ini bagus dan menarik ketika pemerintah daerah mengambil peran dalam membantu meningkatkan partisipasi pemilih,” kata Asbar saat mengikut rapat dengan Pemda di Pendopo Rujab Bupati, Senin 15 Mei 2023.

Dikatakan, semua daerah tentu berharap dapat meningkatkan partisipasi pemilihnya, sehingga menurut Asbar apa yang ingin dilakukan pemerintah daerah penting direspon.

Tingkat partisipasi pemilih, lanjutnya berbanding lurus dengan tingkat legitimasi masyarakat dari legislatif maupun presiden yang terpilih. “Semakin tinggi partisipasi pemilih semakin tinggi pula legitimasi dari calon yang terpilih karena mereka dipilih oleh banyak orang,” ungkap Asbar.

Selain tingkat partisipasi pemilih, keterwakilan orang Bulukumba di DPR RI juga menjadi perhatian bagi bupati berlatar pengusaha ini.
Di berbagai kesempatan, ia selalu menyampaikan agar pada Pemilu mendatang, masyarakat Kabupaten Bulukumba bisa bersatu untuk mendorong ada keterwakilan Bulukumba di Senayan nantinya.

“Saatnya kita memiliki 1 atau 2 orang wakil kita di DPR RI,” kata Andi Utta saat Apel Gabungan OPD di halaman Kantor Bupati Bulukumba.

Dorongan agar ada wakil Bulukumba di Senayan kata Andi Utta, bukan kepentingan pribadinya, tapi untuk kepentingan Kabupaten Bulukumba sendiri. (*)