BONEPOS.COM, JAKARTA – Sejumlah nama mencuat bakal calon wakil presiden (Cawapres) pendamping Ganjar Pranowo, mengemuka. Salah satunya, putra Bone satu kampung Jusuf Kalla (JK), Nasaruddin Umar.

Saat ini, Nasaruddin Umar merupakan Imam Masjid Istiqlal yang juga Ketua Umum Pengurus Pusat Ponpes As’adiyah.

Ketua Majelis Pertimbangan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy alias Romy menjelaskan, tokoh agama Nasaruddin Umar menjadi sosok yang didekati sebagai kandidat cawapres bagi Ganjar Pranowo.

Romy menilai Nasaruddin Umar memenuhi kriteria untuk menjadi pendamping Gubernur Jawa Tengah tersebut.

“Kyai Nasarudin Umar termasuk tokoh bangsa yang dielus-elus untuk menjadi cawapres Mas Ganjar,” kata pria yang akrab disapa Rommy itu lewat keterangan tertulis, Selasa, 16 Mei 2023 yang dilansir dari tempo.co, Kamis (18 Mei 2023).

Romy menyebutkan sejumlah kriteria yang dimiliki oleh Nasarudin Umar sehingga dianggap cocok untuk Ganjar. Menurut dia, Nasarudin merupakan tokoh luar Pulau Jawa, memiliki sifat keagamaan yang moderat, serta bisa diterima oleh banyak kalangan.

“Kyai Nasar memiliki kriteria yang sesuai, yaitu tokoh luar Jawa, memiliki warna keagamaan yang moderat, Rais Syuriah PB Nahdlatul Ulama, dan bisa diterima luas oleh banyak kalangan,” ujar Romy.

Sementara itu, Nasaruddin menyatakan hanya ingin bekerja di balik layar.

Nasaruddin yang merupakan putra asli Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan ini mengaku senang dengan apa yang dilakukan saat ini untuk menciptakan kesejukan, kedamaian, dan ketenangan antar umat.

“Hahaha. Saya nggak pernah bermimpi ke arah situ. Saya hanya ingin bekerja di balik layar saja,” kata Nasaruddin kepada Tempo.co, Selasa, 16 Mei 2023.

Menurut Nasaruddin, tugasnya sebagai tokoh agama adalah menciptakan kerukunan dan kedamaian di tengah keberagaman masyarakat. Dia bercerita, Indonesia dipandang sebagai negara yang luar biasa di kancah internasional. (*)