BONEPOS.COM, JAKARTA РKetua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi alias Awiek menegaskan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) secara otomatis bubar apabila PAN dan Partai Golkar memutuskan tidak mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres 2024.

Pernyataan itu Awiek sampaikan sebagai respons klaim PDIP yang menyebut PPP sudah meninggalkan KIB sejak partai berlambang Ka’bah itu mendukung Ganjar pada akhir April 2023.

“Secara formal, KIB belum bubar. Tetapi seperti kami katakan kalau ternyata capresnya nanti bukan Ganjar, maka otomatis KIB akan berakhir dengan baik-baik,” kata Awiek dikutip dari CNNIndonesia.com, Jumat (26/5/2023).

Awiek selanjutnya menjelaskan dinamika perubahan koalisi itu sangat lumrah terjadi mendekati Pilpres 2024. Partai politik, kata dia, memiliki hak dan kewenangannya masing-masing dalam menentukan dukungan.

Awiek juga mengaku belum ada pembicaraan lebih lanjut baik dengan PAN maupun Golkar terkait arah KIB ke depannya.

Ia menegaskan PPP tetap menyerahkan dan akan menghormati pilihan masing-masing partai.

“Sejauh ini belum ada pembicaraan lebih lanjut dengan Golkar dan PAN. Biarlah mereka juga berproses di internalnya masing-masing, kita menghormati,” ujarnya.